Friday, March 22, 2013

Slurppp... Gurihnya Kongguksu, Mie Kuah Dingin Khas Korea

Slurppp... Gurihnya Kongguksu, Mie Kuah Dingin Khas Korea

Jakarta - Kalau biasanya mie tersaji hangat mengepul, lain dengan mie khas Korea satu ini. Kongguksu terdiri dari somyeon atau mie gandum yang disiram dengan susu kacang kedelai bertekstur dingin. Rasa yang segar membuatnya jadi menu favorit di musim panas!

Kongguksu ini memang berbeda dengan mie kuah biasanya. Tekstur dan citarasanya unik, karena menggabungkan mie yang bertekstur lembut dan padat dengan kuah kedelai yang dihaluskan. Kuahnya bertekstur renyah gurih dengan aroma khas kedelai. Kadang dicampur dengan jenis lain seperti kacang merah ataupun wijen.

Tak terlalu sulit meracik seporsi kongguksu. Mie yang lurus pipih direbus hingga matang dan kenyal.

Siapkan juga mentimun yang diiris panjang dan tipis, juga cabai merah dan telur rebus sebagai pelengkap. Rasanya diperkuat dengan bumbu sederhana, yaitu sejumput garam dan merica.

Untuk membuat kuahnya, kacang yang digunakan direndam terlebih dulu selama bebe rapa jam sebelum diolah. Kemudian kacang kedelai direbus bersama kacang merah hingga lunak. Setelah empuk, kacang kemudian ditiriskan dan direndam di dalam air dingin.

Selanjutnya, kacang dihaluskan dengan tambahan air dingin memakai blender. Agar tak terbuang percuma, air bekas rebusan kacang bisa ditambahkan. Setelah halus, langsung dituang ke dalam mangkuk yang sudah diberi mie di dalamnya. Supaya lebih dingin, es batu sering ditambahkan pada kuah. Semangkuk kongguksu yang dingin segarpun siap dihidangkan!

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...