Thursday, March 21, 2013

Bangkai Hewan Tabrakan Akan Diolah Jadi Makanan di Montana

Bangkai Hewan Tabrakan Akan Diolah Jadi Makanan di Montana

Jakarta - Daging dari road kill atau bangkai hewan tertabrak di jalanan dianggap menjadi salah satu solusi persediaan bahan makanan di Montana, Amerika Serikat. Tapi, beberapa pihak menyangsikan hal ini mengingat standar keamanan dan kesehatan daging tersebut.

Para anggota parlemen negara bagian Montana siap dengan keputusan melegalkan bahan makanan dari road kill setelah mendapatkan dukungan dari senat pada hari Rabu (20/03/2013). Langkah tersebut kini dalam tahap pengumpulan suara terakhir menuju Gubernur Steve Bullock.

“Tidak masuk akal untuk menyia-nyiakan bangkai binatang yang masih layak jadi makanan di jalanan Montana,” tutur Senat Larry Jent, D-Bozeman kepada Associated Press (21/03/2013).

Langkah ini ditujukan kepada para aparat penegak hukum untuk mengeluarkan ijin kepada masyarakat untuk menyingkirkan bangkai binatang tabrakan dari jalanan negara bagian Montana dan menggunakan dagingnya untuk dimasak.

Tapi, pihak oposisi mempertanyakan apakah daging yang diambil itu masih aman dimakan dan masalah tanggung jawab bagi penampung yang menerima daging tersebut.

Senat Kendall Van Dyke, D-Billings menyatakan aparat penegak hukum tidak berhak untuk menentukan apakah daging tersebut aman untuk dikonsumsi. Selain itu ada pertentangan dari pihak peternak tentang bagaimana daging road kill bisa dipakai sebagai bahan makanan, sementara industri perternakan saja harus mengikuti regulasi federal yang ketat.

Montana tidak sendirian dalam hal mempertimbangkan penggunaan daging road kill. Masyarakat dari Illinois diijinkan menyingkirkan road kill untuk diambil bulu dan dagingnya. Sementara Alaska Fish and Wildlife Protection Troopers menjalankan program yang menyalurkan sekitar 820 bangkai rusa untuk organisasi amal seperti gereja dan organisasi non profit. Daging rusa tersebut akan digunakan sebagai bahan masakan untuk orang kekurangan.

(odi/fit)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...