Saturday, March 16, 2013

Ingin Punya Anak Lagi? Sebaiknya Pria Banyak Makan Ikan

Ingin Punya Anak Lagi? Sebaiknya Pria Banyak Makan Ikan

Jakarta - Setelah usia 40 tahun, pria khawatir sulit mendapatkan momongan. Pasalnya, kualitas sperma semakin menurun setelah pria mencapai usia ini. Kalaupun akhirnya bisa punya anak, ada kemungkinan si buah hati terlahir dengan beberapa kekurangan.

Kalau Anda ingin punya anak lagi setelah usia 40 tahun, sebaiknya banyaklah mengonsumsi mikronutrien seperti vitamin C, E, folat, dan zinc. Menurut penelitian di jurnal Fertility and Sterility, nutrisi ini dapat memperbaiki kualitas DNA pada pria dewasa.

Peneliti meminta 80 pria berusia 20-80 tahun untuk memperkirakan rata-rata asupan vitamin harian mereka. Kemudian, berdasarkan informasi dari situs Men's Health (12/09/12), para peneliti mengambil sampel air mani mereka untuk dianalisis DNA-nya.

Ternyata, semakin banyak antioksidan dan mikronutrien yang dikonsumsi peserta, semakin kecil risiko mereka memiliki sperma dengan kerusakan DNA. Pria berusia di atas 44 tahun yang paling banyak mengo nsumsi vitamin C, risiko kerusakannya 20% lebih rendah dibanding pria sebaya yang mengonsumsi vitamin C sangat sedikit.

DNA yang sehat sangat penting untuk menghasilkan anak yang normal. Jika Anda ingin kualitas genetik, volume, dan pergerakan sperma tetap prima di usia 40-an, Anda bisa mencoba konsumsi tiga makanan berikut:

Ikan
Menurut studi di jurnal Human Reproduction, pria yang lebih banyak mengonsumsi asam lemak omega-3 kualitas air maninya lebih tinggi dibanding yang hanya sedikit mengonsumsinya. Selain itu, kandungan DHA dan EPAnya juga dapat membantu menaikkan kadar dopamine di otak yang memicu gairah seks. Kalau tak ada salmon, tuna, mackerel, atau sarden, konsumsi saja minyak ikan yang banyak dijual dalam bentuk suplemen.

Walnut
Ternyata, pria yang memakan 75 gram walnut per hari mengalami perbaikan bentuk sperma serta pergerakan dan vitalitasnya. Kesimpulan ini ditarik setelah meneliti 117 pri a sehat selama tiga bulan. Menurut studi yang dimuat di jurnal Biology of Reproduction, diyakini bahwa alpha-linolenic acid (ALA) dalam walnut berperan dalam hal ini. ALA adalah sumber alami omega-3 dari tanaman.

Tiram
Selain terkenal sebagai afrodisiak, kandungan zinc dalam tiram juga baik untuk meningkatkan jumlah sperma. Dalam jurnal Fertility dan Sterility, pria kurang subur yang mengonsumsi zinc sulfat setiap hari mengalami peningkatan total jumlah sperma normal sebanyak 74% setelah 26 minggu.

Ingin mendapat manfaat yang sama? Konsumsilah enam tiram setiap hari untuk menggandakan anjuran 15 mg zinc. Selain tiram, Anda juga bisa mendapatkan zinc dari udang, daging merah, biji labu parang, daging unggas dan babi, telur, serta produk olahan susu.

(odi/fit)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...