Wednesday, March 27, 2013

Sarapan Bubur Candil Ubi, Kenyal Legit 200 Kalori

Sarapan Bubur Candil Ubi, Kenyal Legit 200 Kalori

Jakarta - Sekali-kali tak ada salahnya mencoba menikmati hidangan manis bersantan untuk sarapan. Selain mengandung karbohidrat, kandungan kalorinya juga dapat meningkatkan energi untuk memulai kegiatan di pagi hari.

Bubur candil salah satunya, ukurannya yang bulat-bulat kecokelatan mirip seperti biji salak. Karena itu bubur ini disebut juga biji salak. Candil yang bulat manis ini dimasak dengan gula merah dan air hingga mendidih.

Butiran candil ini terbuat dari ubi jalar kuning yang dikukus dan dihaluskan. Kemudian dicampur dengan tepung kanji dan sedikit garam, untuk dibentuk bulatan seperti kelereng. Bulatan candil bisa langsung direbus bersama air yang sudah mendidih.

Jika sudah matang dan ditiriskan, candil bisa dimasak lagi bersama gula merah yang sudah bercampur air hingga mendidih. Sebelum disajikan bubur candilpun ditambahkan dengan santan masak yang sudah diberi garam dan daun pandan. Ada pula jenis bubur candil yang bola-bolan ya dibuat dari tepung ketan.

Meskipun sering disajikan sebagai makanan selingan, namun bisa juga disajikan sebagai menu sarapan. Per mangkuknya mengandung kalori sekitar 218,7 kkal, 1,11 gram protein, 2,37 gram lemak, 44,1 gram karbohidrat dan 4,56 gram serat.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...