Thursday, March 21, 2013

Awal April, Malaysia Gelar Pameran Halal Berskala Internasional

Awal April, Malaysia Gelar Pameran Halal Berskala Internasional

Jakarta - Pada 3 hingga 6 April mendatang, pameran halal tahunan Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) akan kembali digelar. Acara ini akan menjadi ajang pertemuan antara pemerintah, pengusaha, pelaku industri, juga para konsumen produk halal.

Acara bertajuk 'World Halal Week, Kuala Lumpur Malaysia 2013' ini diselenggarakan di Kuala Convention Centre, Kuala Lumpur, atas kerjasama berbagai pihak. Dari Ministry of International Trade and Industry (MITI), Malaysia Extrenal Trade Development Corporation (MATRADE), World Halal Week Conference (WHWC), dan Halal Industry Development Corporation (HDC).

Untuk tanggal 3, 4, dan 5 April, acara dikhususkan untuk perwakilan dari industri yang namanya sudah tercatat lewat proses registrasi. Pada hari terakhir, tanggal 6 April 2013, World Halal Week terbuka untuk umum. Acara ini akan dibuka dengan acara World Halal Forum & World Halal Res earch Summit, yang akan membahas soal penelitian dan inovasi halal, dan aplikasinya dalam bisnis.

Para peserta juga bisa berdiskusi dengan para ilmuwan, peneliti, akademisi, pelaku bisnis, juga berbagi ide mengenai penelitian, tren, dan isu dalam industri halal secara global. Ditargetkan delegasi dan para produsen produk halal dari puluhan negara bisa ikut ambil bagian dalam diskusi maupun pameran produk halal.

Dari segi konsumen, acara ini akan menjadi lokasi belanja produk dan jasa halal di satu tempat. Konsumen juga bisa membandingkan harga dan kualitas produk yang dijual, serta untuk mendapatkan informasi paling baru dalam pasar halal dunia. 75% barang yang dipamerkan merupakan produk makanan dan minuman.

Pasar halal global memang semakin meningkat jumlahnya. Berdasarkan data yang dipublikasikan situs resmi MIHAS, pasar halal dunia angkanya mencapai 2.3 triliun Dollar, dan sektor makanan mencapai 700 miliar Dollar pertahun. Industri halal juga sema kin meluas ke sektor lain, seperti kimia, kesehatan, kosmetika, juga farmasi.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...