Tuesday, March 19, 2013

Lassi, Yogurt India yang Manis dan Gurih Sama Enaknya

Lassi, Yogurt India yang Manis dan Gurih Sama Enaknya

Jakarta - Siapa yang tak mengenal yogurt? Hidangan yang terkenal di selurauh dunia ini disajikan berbeda-beda. Misalnya saja sajian yogurt khas India yang satu ini. Umumnya diminum saat musim panas untuk pelepas dahaga.

Di India, yogurt dikenal dengan Lassi yang merupakan minuman yang sangat populer di beberapa negar Asia. Secara tradisional, lassi sangat populer di India Utara, khususnya di negara bagian Punjab, Haryana dan Pakistan. Yogurt dibuat dengan menambahkan air juga rempah-rempah khas India.

Dalam agama Dharmik, lassi manis disajikan dengan madu untuk persembahan ritual keagamaan. Namun secara umum, lassi disajikan dengan susu dan berlapis krim tipis di atasnya. Lassi juga dipercaya sebagai obat Gastroenteritis atau biasa dikenal dengan rasang usus. Biasanya masyarakat India mencampurkan lassi dengan bubuk kunyit.

Lassi tradisional umumnya terasa asin, dan sering disebut sebagai minuman gurih karena dibumbui dengan jinten. Sed angkan lassi manis tidak dibuat dengan mencampurkan rempah-rempah, justru ditambahkan gula atau buah-buahan tropis seperti mangga dan strawberry.

Di Punjab, India, Lassi biasanya dibuat terbuat dari yogurt yang ditambahkan air dan gula juga rempah-rempah lainnya untuk menambah rasa. Rasa minuman ini juga dikenal sebagai lassi asin karena dicampurkan dengan jinten ataupun bubuk kunyit juga sedikit garam. Mirip dengan aryan dan doogh, minuman khas Turki dan Iran yang dibumbui dengan garam.

Sedangkan lassi manis biasanya ditambahkan dengan gula, air lemon atau air mawar dan jus buah strawberry. Jenis lassi ini banyak dikenal di Pakistan sejak tahun 1947 dan dikenal dengan Saffron Lassi. Ada juga Makkhaniya Lassi yang teksturnya mirip mentega.

Varian lassi manis lainnya adalah mango lassi, paling banyak ditemukan di India dan Pakistan. Lassi ini dibuat dari yogurt yang ditambahkan air dan juga pulp mangga. Meskipun tidak ditambahkan gula, lassi ini sudah terasa manis. Karena itu juga mango lassi serign disajikan saat dingin bersama taburan kacang pistachio.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...