Friday, March 15, 2013

Sosis Halal Mengandung Babi Beredar di Sekolah di London

Sosis Halal Mengandung Babi Beredar di Sekolah di London

Jakarta - Menu berbahan daging memang selalu digemari. Namun perlu dicermati, apakah daging yang tersaji benar-benar halal atau hanya label saja. Seperti yang terjadi si Westminster, beberapa sekolah terlanjur menyajikan sosis halal yang diketahui mengandung unsur babi.

Menu berbahan sosis langsung dicoret di beberapa sekolah di London. Penyebabnya, terbukti jika sosis tersebut memiliki unsur babi, yang diharamkan dalam agama Islam. Pemasok daging halal tersebutpun diperiksa dan diminta untuk menghentikan distribusi daging untuk sementara waktu.

Menurut aparat setempat, temuan tersebut dihasilkan setelah meneliti 7 sampel menu dari 3 sekolah. Sosis halal ini merupakan menu yang tersedia di belasan sekolah, khusus untuk murid yang hanya makan makanan halal. Namun tidak disebutkan nama sekolah apa saja yang terbukti menyajikan sosis tersebut.

"Kami sangat peduli akan penemuan ini. Kami juga mengerti dan turut menyesalkan. Kami menguhubung i sekolah, orang tua, dan pemimpin kelompok dan berniat untuk mengajak mereka berdiskusi. Westminster City Council juga akan menghentikan peredaran produk ini," kata Andrew Christie, perwakilan dari pemerintah setempat.

Soal pelabelan dan sertifikasi halal pada makanan, Department of Environment, Food and Rural Affairs (DEFRA) dan pihak pemerintah akan membahasnya dengan organisasi yang menangani masalah kehalalan. "Perusahaan dan pemasok makanan bertanggung jawab untuk memastikan jika makanan yang disajikan sama dengan yang dikatakan," kata juru bicara DEFRA, seperti dikutip dari Guardian (14/03/2013).

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...