Saturday, March 23, 2013

Minuman Berenergi Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

Minuman Berenergi Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

Jakarta - Minuman bernergi dikenal dengan khasiatnya membuat mata melek. Tapi efek jantung berdebar karena kandungan kafeinnya. Hal ini dapat memicu kelainan detak jantung dan peningkatan tekanan darah sistolik.

Tim peneliti dari Amerika Serikat menganalisa data dari 7 penelitian yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Tujuannya melihat korelasi konsumsi minuman berenergi bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

Kumpulan studi ini melibatkan orang berumur 18-45 tahun dengan kondisi badan sehat. Bagian pertama dalam kumpulan analisis itu memeriksa QT Interval, segmen dari detak jantung dalam electrocardiogram pada 93 orang yang baru mengonsumsi satu sampai tiga kaleng minuman berenergi.

Mereka menemukan bahwa QT interval partisipan tersebut 10 milidetik lebih lama. Detakan QT lebih panjang sering dihubungkan dengan penyakit arrhythmia, penyakit yang berhubungan detak jantung. Dalam penyakit ini ada tiga kategori yaitu detak jantung terlalu cep at (tachycardia), terlalu lambat (bradycardia), atau tidak teratur.

“Dokter secara umum khawatir jika pasien mengalami tambahan 30 milidetik dalam QT interval dari garis dasar,” tutur Dr Sachin Shah, selaku kepala peneliti dan asisten professor di University of the Pacific, Amerika Serikat kepada Daily Mail (22/03/2013).

Hasil yang dipresentasikan di konferensi American Heart Association's Epidemiology and Prevention ini juga menemukan tekanan darah systolic, tekanan darah dimana jantung berdenyut saat memompa darah rata-rata meningkat 3,5 poin dalam kumpulan 132 partisipan.

“Korelasi antara minuman berenergi dan peningkatan tekanan darah systolic sangat meyakinkan dan mengkhawatirkan. Seharusnya lebih banyak studi dilakukan untuk meneliti dampaknya terhadap detak jantung,” tambah Dr Shah.

Ia juga memperingatkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi atau sindrom QT panjang harusnya mempertimbangkan konsumsi minuman berenerg i. Karena minuman berenergi juga mengandung kafein, orang yang tidak biasa mengkonsumsi kafein terlalu banyak bisa mengalami kenaikan terkanan darah berlebihan.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...