Tuesday, March 19, 2013

Dengan Diagram Ini Menyeduh Teh Jadi Gampang

Dengan Diagram Ini Menyeduh Teh Jadi Gampang

Jakarta - Teh paling enak dihirup selagi Teh yang enak harus diseduh dengan waktu dan cara yang tepat. Jadi tak sekdar dicelup-celup dalam air panas. Jenis teh juga berpengaruh pada waktu penyeduhan. Dengan diagram teh, menyeduh teh jadi mudah.

Jenis teh yang berbeda membutuhkan suhu air panas dan durasi mencelup yang berbeda pula. Namun jumlah air yang digunakan rata-rata 150-200 ml untuk menyeduh satu kantung teh ukuran standar atau satu sendok teh daun.

Dengan diagram ini penyeduhan aneka jenis teh menjadi lebih gampang. Seperti white tea memerlukan waktu penyeduhan selama 1-2 menit dengan air panas bersuhu 65-70 °C. Yellow tea sebaiknya diseduh selama 1-2 menit dengan air panas bersuhu 70-75 °C. Lain lagi dengan green tea yang memerlukan air panas bersuhu 75-80 °C dan diseduh selama 1-2 menit.

Untuk Oolong Tea, durasi penyeduhan sebaiknya selama 2-3 menit dengan suhu air panas sekitar 80-85 °C. Black Tea sebaiknya disedu h dalam air panas bersuhu 98 °C selama 2-3 menit. Sedangkan herbal tea memerlukan waktu penyeduhan selama 3-6 menit dengan suhu air panas sekitar 98 °C.

Celupan atau seduhan teh pertama adalah kualitas yang terbaik. Anda tidak direkomendasikan untuk mencelup teh berkali-kali, karena rasa dan manfaatnya akan hilang. Selain itu gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan teh. Hindari teh dari panas, lembab atau aroma lain yang menyengat agar kesegaran daun teh tetap terjaga.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...