Tuesday, March 19, 2013

Nyam-nyam! Inilah Racikan Kebab Paling Orisinal dan Enak!

Nyam-nyam! Inilah Racikan Kebab Paling Orisinal dan Enak!

Jakarta - Hidangan khas Timur Tengah yang satu ini selalu diminati warga Jakarta. Hidangan daging bakar dibungkus dengan pita bread yang sudah dipanggang. Lettuce, tomat dan mayonaise melengkapi sebagai isian.

Nama kebab berasal dari bahasa Arab yaitu kabab yang berarti daging goreng. Sedangkan dalam bahasa Aram kebab atau kabbaba diartikan sebagai daging bakar atau panggang. Sejak saat itu dalam bahasa Turki, istilah kebab sering digunakan untuk hidangan bola-bola daging ayam atau daging domba.

Kebab tidak hanya disajikan di negara Timur Tengah, namun negara lainnya termasuk Indonesia. Biasanya irisan daging bakar dibungkus dengan pitta bread bersama sayuran dan mayonaise. Daging yang sudah diris, dipadatkan dan ditusuk dengan besi panjang, kemudian dibakar dengan panggangan khusus atau burner kebab.

Kedai kebab di Jakarta sangatlah banyak. Bahkan kedai-kedai ini dikenal sebagai jaringan waralaba. Detikfoodpun telah mendatangi tiga ked ai kebab yang populer di Jakarta, Kebab Baba Rafi, Corner Kebab dan Donner Kebab. Dari ketiga kedai kebab ini mana yang puya racikan paling lezat menggigit?

Pertama kebab racikan Baba Rafi (Rp. 13.000). Cukup mudah mencari kedai ini karena umum dijajakan di pinggir jalan atau lebih tepatnya dekat dengan swalayan kecil. Isian kebabnya sangat bervariasi, ada timun Jepang yang diiris tipis, selada, tomat, bawang bombay dan irisan daging sapi panggang.

Tidak hanya itu, saus tomat, saus sambal dan mayonaisepun dituangkan hingga menutupi isiannya. Kulit kebab yang sudah berisi isian yang berlimpah, harus digoreng lagi dengan sedikit margarin hingga agak kering. Kemudian barulah dikemas dengan kantong kertas.

Hmm... saat digigit, tekstur kulit kebab begitu garing luarnya bepadu dengan isian padat bagian dalamnya. Dagingnya gurih dan lembut, warnanya cokelat kemerahan. Makin enak dengan selingan renyahnya selada dan timun. Semburat mayonaise yang asam lembut membua t kebab ini makin enak.

Isian dan racikan Corner Kebab hampir sama dengan kebab Baba Rafi. Ada selada, tomat, mentimun dan bawang bombay yang diiris tipis. Tak lupa daging sapi bakar yang juga diiris memanjang menjadi isiannya.

Kebab seharga Rp. 13.000 ini juga diberi saus mayonaise, saus tomat dan saus cabai. Sebelum disajikan, kulit kebab yang lembut ini juga digoreng dengan margarin. Ternyata kebab racikan Corner Kebab sedikit berbeda, adonan kulitnya cenderung manis dan lebih lembut. Daging sapi yang jadi salah satu isiannya juga cenderung manis dan berwarna merah.

Lain halnya dengan kebab racikan Doner Kebab (Rp. 20.909), isiannya memang lebih sedikit hanya selada, tomat dan irisan daging sapi. Sedangkan saus kebab ini lebih unik, karena terbuat dari mayonaise yang dicampur dengan saus BBQ dan saus tomat. Saus special ini sengaja diracik agar rasa kebab semakin enak.

Meskipun daging sapi bakarnya berwarna kecokelatan dan tidak royal namun tingkat kematangannya sangatlah pas. Terasa empuk dan sedikit gurih. Sedangkan kulit kebabnya terdapat totol-totol hitam jejak grill. Tekstur kulitnya lebih kering dan empuk dengan ukuran yang lumayan lebar. Sekilas racikan kebab ini mirip seperti aslinya. Tampil sederhana dan kebab tidak digoreng lagi.

Ternyata kebab racikan Donner Kebablah yang cocok dilidah kami. Tekstur kulitnya kering dan agak keras, daging sapi bakarnyapun terasa gurih dengan tingkat kematangan yang pas. Nah, kalau ingin makan siang dengan kebab gaya Timur Tengah, segera saja tentukan pilihan Anda.

Baba Rafi
Jl. KH Syahdan (Depan Kampus Binus)
Kemanggisan
Jakarta Barat

Corner Kebab
Jl. Kebun Raya
Kebon Jeruk
Jakarta Barat

Donner Kebab
Supermall Karawaci Lt. UG
Tangerang
Telp. 021-5473688

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...