Sunday, March 24, 2013

Ingin Bikin Flambe yang Atraktif Seperti Chef? Ikuti Tips Jitu Ini

Ingin Bikin Flambe yang Atraktif Seperti Chef? Ikuti Tips Jitu Ini

Jakarta - Pernah melihat chef memasak dengan api yang tiba-tiba menjilat? Teknik memasak ini dinamakan flambe, biasanya digunakan untuk beberapa jenis hidangan Prancis. Meski terlihat menarik, flambe bukanlah sekadar atraksi, melainkan punya efek terhadap rasa masakan.

Flambe atau jilatan api muncul jika chef menuangkan alkohol di atas wajan panas. Hal ini dilakukan untuk membakar alkohol, sehingga makanan bisa memperoleh aromanya yang halus tanpa diikuti rasa alkohol yang tajam. Flambe biasanya dilakukan dalam pembuatan Bananas Foster, Bombe Alaska, Cherries Jubilee, Crepes Suzette, dan Steak Diane.

Flambe adalah teknik yang kompleks karena dapat mendidihkan air dan alkohol serta mengkaramelisasi gula sekaligus. Hasilnya adalah rasa unik yang tak bisa didapat jika tidak menggunakan metode flambe. Resep pumpkin tart, misalnya, rasanya akan berbeda jika tak di flambe karena alkoholnya akan terasa terlalu tajam. Gulanya juga tak akan terkaramelisasi dengan baik.

Flambe sebaiknya hanya dilakukan oleh profesional, karena diperlukan teknik yang tepat agar prosedur berjalan aman dan hasilnya sempurna. Menurut The Daily Meal (02/01/13), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Gunakan minuman yang mengandung 40% alkohol atau memiliki alcohol proof 80-120. Contohnya adalah rum dan cognac. Wine dan bir tak bisa dipakai untuk flambe karena kandungan alkoholnya terlalu rendah. Sebaliknya, minuman yang kandungan alkoholnya tinggi seperti Everclear atau 151 bisa membahayakan jika dibakar.
  • Pastikan alkohol lebih hangat dari suhu ruangan, namun jangan sampai mendidih. Alkohol yang terlalu dingin tak akan memicu api.
  • Pindahkan wajan sejauh mungkin dari kompor sebelum menuangkan alkohol ke wajan. Jika Anda terlalu dekat dengan api terbuka, botol alkohol bisa meledak.
  • Setelah alkohol dituangkan ke atas wajan, miringkan wajan sedikit ke arah api, jauh dari Anda. Kalau Anda menggunakan kompor elektrik, Anda bisa menyulut api dengan menyalakan pemantik panjang ke atas wajan. Selalu gunakan wajan besar dengan sisi yang tinggi dan pegangan yang panjang.
  • Goyang-goyangkan wajan, lalu biarkan apinya perlahan mati. Meski demikian, Anda perlu menyiapkan tutup wajan kalau-kalau Anda perlu mematikan apinya sendiri.
(odi/fit) food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...