Sunday, March 24, 2013

Segar Hangat Sinseollo, Hot Pot Khas Korea

Segar Hangat Sinseollo, Hot Pot Khas Korea

Jakarta - Steamboat atau hotpot atau juanlo merupakan hidangan lengkap yang sehat. Sajian komplet khas Asia ini diolah dalam panci khusus bercerobong. Korea juga punya racikan steamboat yang lengkap, segar dan enak karena pedas gurih rasanya.

Sebenarnya sinseollo adalah nama untuk alat masak atau dikenal dengan steamboat atau juanlo, pada jaman Dinasti Joseon. Digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan, termasuk sayuran, daging ataupun jamur yang banyak dikonsumsi di Korea.

Wadah tersebut berbentuk bulat dengan lubang kecil dibagian tengahnya untuk memanaskan kuah kaldu. Sedangkan pinggirannya yang digunakan untuk memanaskan makanan terdapat lubang kecil untuk menghantarkan uap panas.

Umumnya bahan makanan yang digunakan sangat beragam. Warga Korea sering menggunakan sayuran, daging dan ikan. Ada juga yang menggunakan 25 jenis bahan makanan untuk hidangan ini, seperti daging sapi, daging babi, ayam, ikan, abalone dan teripang. Biasa nya aneka daging ini diletakkan sejajar dengan dan diiris tipis sebelum disajikan.

Untuk jamur, wortel dan sayuran lainnya disusun di sisi bakso dan kacang-kacangan juga irisan cabai merah. Tampilannya menjadi lebih berwarna dan menarik selera.

Jika ingin menikmatinya, semua orang yang berada di meja makan bisa bebas memilih isian sinseollo. Setelah isian dimasukkan ke dalam mangkuk, segera tuangkan kuah kaldu daging yang dibuat bawang putih, bawang bombay dan bumbu penyedap. Biasanya racikan bahan ini dinikmati dengan berbagai jenis saus sebagai pencelupnya.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...