Wednesday, March 27, 2013

Sup Ikan yang Lezat Ini Disajikan Saat Prapaskah di Ekuador

Sup Ikan yang Lezat Ini Disajikan Saat Prapaskah di Ekuador

Jakarta - Tradisi menyantap hidangan tradisional saat paskah juga dilakukan oleh masyarakat Ekuador. Namun hidangan yang disuguhkan justru yang mengenyangkan. Sup hangat khas Ekuador ini juga dilengkapi dengan telur rebus yang merupakan ciri khas Paskah.

Sebelum Paskah dimulai warga Ekuador selalu menyajikan hidangan sup yang kental. Sup inipun dikenal dengan Ekuadorian Easter Soup. Salah satu isiannya adalah ikan. Konon dahulu kala suku Israel tidak makan daging merah, karena itu supnya ditambahkan dengan ikan. Selain disajikan selama prapaskah, sup ini juga sering dihidangkan untuk orang yang menjalankan puasa menjelang hari raya Paskah.

Sup tradisional khas Ekuador ini terbuat dari jagung, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, lentil dan aneka sayuran seperti labu, labu kuning, dan butternut squash. Yang jadi ciri khasnya sup ini juga dimasak dengan ikan cod dan ditambahkan susu.

Cara membuat sup ini sangatlah mudah, mul anya kacang tanah diblender bersama susu. Setelah mengental barulah dipanaskan dan dicampur dengan minyak sayur, bawang bombay cincang dan adas bubuk.

Kemudian barulah dimasukkan aneka jenis biji-bijian juga labu dan labu kuning. Setelah mendidih barulah ikan cod dimasukkan ke dalam sup. Sup ini juga disajikan dengan pisang goreng, telur tebus atau juga potongan alpukat. Tak lupa ditaburi dengan seledri cincang.

Dari bahan-bahannya saja sudah terlihat jika sup ini mengandung nutrisi yang baik. Kaya seraat juga karbohidrat untuk menambah energi dan dapat menjaga kesehatan pencernaan.

(odi/fit)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...