Sunday, January 20, 2013

Si Kecil Alergi Telur? Tunda Dulu Pemberiannya

Si Kecil Alergi Telur? Tunda Dulu Pemberiannya

Jakarta - Riwayat alergi terhadap makanan yang dialami orang tua biasanya akan menurun pada anaknya. Ditandai dengan gatal-gatal atau gangguan pencernaan setelah konsumsi makanan tertentu. Makanan seperti seafood dan telur bisa jadi penyebab utamanya.

Ada tiga jenis makanan yang diketahui dapat menyebabkan alergi. Putih telur, ikan dan kacang tanah. Jika keluarga memiliki riwayat alergi, pemberian tiga jenis makanan ini bisa diberikan pada si kecil setelah usianya 9 bulan.

Namun jika si kecil sudah terbukti alergi pada makanan tertentu seperti telur, bisa ditunda pemberiannya setelah berusia dua tahun. Sedangkan si kecil yang alergi dengan seafood bisa diberikan setelah usianya tiga tahun.

Si kecil yang mengalami alergi masih bisa diberikan makanan sumber protein nabati. Seperti bubur susu yang dibuat dari tepung beras atau tepung kacang hijau dan dicampur dengan ASI atau susu formula.

Jika si kecil tidak bisa menerima makanan sum ber protein tersebut, bisa diganti dengan jenis makanan sumber protein lainnya. Misalnya daging sapi, daging ayam, atau sumber protein nabati yang berasal dari kacang-kacangan.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...