Wednesday, January 23, 2013

Setelah Menikah, Wanita Amerika Lebih Sering Minum Alkohol

Setelah Menikah, Wanita Amerika Lebih Sering Minum Alkohol

Jakarta - Siapa bilang pria lebih identik dengan minuman beralkohol? Sebuah studi di Amerika mengungkap hal yang sebaliknya. Wanita bersuami justru lebih banyak minum-minuman beralkohol dibanding para pria!

Kesimpulan tersebut didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para sosiolog dari 4 universitas di Amerika. Penelitian berfokus pada hubungan antara pernikahan dan konsumsi alkohol. Hasilnya, wanita cenderung lebih sering mabuk dalam masa pernikahannya. Sebaliknya, pria justru lebih banyak mengonsumsi alkohol pasca cerai dari pasangannya.

Dalam penelitian yang diketuai oleh Corinne Reczek dari University of Cincinnati ini, responden yang dilibatkan berjumlah 5.305 partisipan pria dan wanita. Mereka menjawab kuisioner mengenai konsumsi alkohol dari selama 11 tahun. Mereka juga diminta mengungkap jumlah alkohol yang diminum dalam sebulan.

Para peneliti juga mengombinasikan metode penelitian tersebut dengan in-depth interviews pada orang yang belum pernah menikah, berstatus menikah, cerai, juga duda dan janda. Hasilnya, para pria justru lebih sering mabuk saat sudah bercerai, dan wanita lebih banyak minum saat berstatus sebagai istri.

Seperti dimuat dalam situs Live Science, ada beberapa alasan yang membuat pria jadi lebih jarang minum minuman beralkohol. Yang pertama, sejak menikah mereka jadi lebih jarang menghabiskan waktu dengan teman minumnya, dan juga karena mereka sudah diwanti-wanti oleh sang istri untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...