Sunday, January 27, 2013

Bulan Depan McDonald's Fillet O Fish Akan Memakai Ecolabel

Bulan Depan McDonald's Fillet O Fish Akan Memakai Ecolabel

Jakarta - McDonald’s Amerika Serikat akan menjadi jaringan restoran pertama di dunia yang berlabel biru. Ecolabel dari Marine Stewardship Council ini adalah bukti sertifikasi bahwa jenis ikan Alaskan Pollack yang digunakan berasal dari pemasok dengan pemancingan yang menjaga pelestarian ikan tersebut.

Seebelumnya, beberapa supermarket besar seperti Wal-Mart dan Whole Foods sudah menggunakan label dari Marine Stewardship Council. Grup non profit ini dibayar dengan biaya royalti dari perusahaan yang menggunakan label tersebut.

Untuk McDonald’s pembayaran akan berdasarkan pada jumlah penjualan menu ikan seperti Fillet-O-Fish. Juga Fish McBites yang akan dilluncurkan secara terbatas bulan depan.

“The Marine Stewardship Council menaungi 300 tambak ikan dalam program mereka, mewakili 12-14 persen dari jumlah tambak ikan di dunia,” tutur Kerry Coughlin, Direktur Regional untuk kelom pok Amerika kepada Fox News (27/01/2013). Usaha Tambak akan dinilai secara rahasia untuk menilai kelayakan diberi sertifikat.

McDonald's mendapatkan seluruh ikan untuk gerai di Amerika Serikat dari perikanan Alaskan Pollack. Jaringan restoran yang berada di Eropa kini juga sudah menggunakan label tersebut.

Seorang juru bicara McDonald’s, Christina Tyler menyatakan semua gerai di Amerika harus mempunyai label biru mulai awal bulan Februari. McDonald’s berhenti menggunakan Eastern Baltic Cod pada tahun 2007 karena alasan kelangsungan spesies. Sejak itu, perusahaan menggunakan Alaskan Pollock dan New Zealand Hoki yang secara eksklusif didapatkan dari perikanan dengan label Marine Stewardship Council.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...