Tuesday, January 29, 2013

Empuk-empuk Legit, Pancake Paling Enak di Jakarta!

Empuk-empuk Legit, Pancake Paling Enak di Jakarta!

Jakarta - Tumpukan pancake hangat dikucuri sirup maple. Sirup kecokelatan yang kental dan manis ini mengalir melapisi pancake. Sepotong kecil mentega di atas pancake perlahan meleleh. Aroma gurih bercampur legitpun tercium kuat. Nyam.. Tekstur lembutnya melengkapi kue dadar asal Amerika ini!

Bundar dan pipih, itulah bentuk pancake. Terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan susu, lalu dimasak di wajan anti lengket. Secara klasik, pancake disajikan dengan sirup maple dan mentega. Meski demikian, kini topping pancake bebas dikreasikan sesuai selera.

Umumnya pancake disajikan dengan topping manis sepertu es krim, saus cokelat atau saus buah, serta potongan buah-buahan. Namun adapula yang menyajikannya dengan topping gurih asin seperti daging, sosis, keju, telur, sayuran, serta saus tomat, mayones, atau mustard.

Pancake memiliki sebutan dan bentuk berbeda di berbagai negara. Meski demikian, pancake bergaya asing yang cukup populer di Ind onesia adalah yang bergaya Amerika. Pancake ini agak tebal dan empuk karena diberi baking powder atau buttermilk.

Di Jakarta, ada tiga restoran pancake bergaya Amerika yang punya cukup banyak cabang, yakni Pancious, Pancake Parlour, dan Mr. Pancake. Detikfood mencari menu yang populer disajikan di semua restoran pancake, selain pancake klasik. Pilihanpun jatuh pada paduan es krim vanila, saus cokelat, dan pisang.

Detikfood mencicipi pancake buatan Pancake Parlour yang berasal dari Australia. Disebutkan bahwa adonannya menggunakan buttermilk. Di sini pilihan pancakenya cukup banyak, begitupula dengan pancake bertopping pisang.

Pancake pisangnya bernama Bananarama (Rp 35.000) yang terdiri dari dua buah pancake, sebuah pisang yang dibelah dua memanjang, es krim vanili, saus cokelat, serta cokelat serut. Saus cokelatnya dituangkan dengan royal, nyaris menutupi tampilan pancake dan topping lain.

Pancakenya cukup tebal dan empuk. Terasa agak lengket saat dikunyah, mungkin karena menggunakan buttermilk. Rasanya juga sedikit asin. Es krimnya terasa creamy dan manis. Saus cokelatnya terlalu banyak, sehingga menjadi manis berlebihan. Apalagi jika pancake ini dihabiskan sendiri.
 
Kami juga menyambangi Pancious, salah satu restoran pancake terkemuka yang rutin berinovasi dengan varian pancakenya. Meski tanpa saus cokelat, kami memilih Caramelized Banana (Rp 33.500, single pancake) karena paling mendekati ciri pancake yang ingin kami cicipi.

Pancakenya tampak lebih tebal dan agak basah. Pinggirannya tampak lebih bulat, terlihat 'montok'. Warnanya cokelat muda dengan warna putih di beberapa bagian. Es krim vanili dan lima potong pisang yang bersalut karamel menjadi toppingnya, ditambah saus karamel encer.

Wah, pancakenya terasa empuk sekaligus lembut saat dipotong dengan pisau! Pancake ini seakan lumer saat dikunyah. Tampaknya adonannya menggunakan cukup b anyak telur. Pada saus karamelnya terjejak aroma jeruk dan kayumanis. Es krimnya tak begitu manis, sehingga rasanya seimbang dengan pancakenya.
 
Terakhir, kami mencoba Banana Boat (Rp 29.000) buatan Mr. Pancake. Dua buah pancake disajikan dengan siraman saus cokelat, es krim vanili, 10 potong pisang Ambon, dan stroberi sebagai hiasan.

Pancakenya berbentuk bundar sempurna dan berwarna cokelat merata. Namun, dibanding dua pancake tadi, yang ini tampak agak 'kering' dan tak begitu tebal. Teksturnya juga tak begitu empuk.

Jika topping pisang di Pancious dan Pancake Parlour dibakar atau dibalut karamel, di sini pisangnya hanya dipotong-potong. Jadi teksturnya tidak lembek maupun terlalu matang.

Di antara ketiga pancake tersebut, menurut Detikfood tekstur pancake Panciouslah yang paling enak di mulut. Lembut dan empuk, menandakan adonan diaduk sempurna dengan fermentasi yang cukup. Topping dan sirup karamelnya juga serasi tak terlalu berlebihan mani snya. Hmm... Mau menikmati sore dengan pancake? Segera saja menuju salah satu outlet ini!

Pancious
Mal Taman Anggrek lantai 3
Jakarta Barat
Telepon: 021-5639130

Pancake Parlour
Oakwood Premier Cozmo lantai 2
Jakarta Selatan
Telepon: 021-25542303

Mr. Pancake
Mal Puri Indah lantai dasar
Jakarta Barat
Telepon: 021-5822389

(odi/fit)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...