Thursday, January 24, 2013

Makan Siang di Meja Kantor? Pakailah Sendok Kecil!

Makan Siang di Meja Kantor? Pakailah Sendok Kecil!

Jakarta - Deadline di depan mata. Meninggalkan meja kerja sekadar untuk makan siang sebentar saja rasanya tak sempat. Anda sering melakukan ini? Agar tak menjadi gemuk, gunakanlah sendok kecil saat bersantap!

Kesibukan membuat kita sering mengabaikan makan siang. Namun, jangan biasakan hal ini demi kesehatan Anda. Lebih baik jika Anda makan di meja sambil bekerja. Menurut sebuah penelitian yang dikutip Daily Mail (24/01/13), hal ini dilakukan oleh 60% pekerja setiap hari. Mereka merasa bersalah jika meninggalkan kantor selama satu jam saja.

Bagaimanapun juga, karena tak aktif bergerak, kita jadi mudah gemuk. Terkadang, kitapun jadi terburu-buru menghabiskan makanan agar bisa kembali menyelesaikan tugas. Padahal, hal ini bisa menyebabkan kita baru merasa kenyang setelah makan berlebihan. Solusinya, gunakanlah sendok kecil saat bersantap sambil bekerja atau melakukan aktivitas lain.

Peneliti dari Wageningen University, Belanda, memberika n sup kepada partisipan riset saat mereka menonton kartun berdurasi 15 menit. Mereka diperbolehkan makan sebanyak mungkin. Namun, dua kelompok menyeruput sup dengan volume terukur, baik kecil maupun besar. Sementara itu, grup lainnya boleh menyeruput sup berapapun volumenya. Kemudian, para peserta diminta mengukur seberapa banyak sup yang telah mereka konsumsi.

Peneliti melihat bahwa peserta percobaan yang menyantap sedikit demi sedikit mengonsumsi sup 30% lebih sedikit dibanding dua kelompok lainnya. Dua grup tersebut juga memperkirakan jumlah konsumsi mereka lebih sedikit dari yang sebenarnya mereka makan.

Di antara seluruh partisipan, distraksi saat makan secara umum meningkatkan asupan makanan. Meski demikian, menurut riset yang dimuat di jurnal PLOS ONE ini, hal tersebut dapat dicegah dengan mengurangi ukuran dari tiap suapan.

(odi/fit)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...