Tuesday, January 22, 2013

Rutin Berikan Buah dan Sayur Dapat Cegah Obesitas Anak

Rutin Berikan Buah dan Sayur Dapat Cegah Obesitas Anak

Jakarta - Tubuh gemuk yang dimiliki si kecil bisa jadi sebagai tanda obesitas. Maslaah kesehatan ini akan berdamapak buruk saat anak tumbuh dewasa. Mengubah pola makannya sejak dinipun perlu dilakukan agar si kecil terbebas dari berbagai penyakit.

Memiliki keturunan gemuk dan terlalu banyak makan junkfood merupakan salah satu faktor penyebab obesitas pada anak. Kandungan lemak dan gula pada makanan yang dikonsumsinya bisa dengan cepat membuat berat badan si kecil meningkat drastis.

Mengatasi obesitas bukan perkara yang mudah, namun saat inilah peran orang tua sangat dibutuhkan. Jika si kecil terbiasa bebas mengkonsumsi makanan kegemarannya, mulai saat ini wajib mengontrol setiap jenis makanan yang dikonsumsinya.

Tidak hanya itu pemberian jenis makanan yang lebih sehatpun harus dilakukan. Misalnya dengan mengolah bahan makanan sendiri ataupun memilihkan jenis makanan lengkap bernutrisi. Seperti daging, ikan, kentang, sayuran juga buah-bu ahan.

Agar lebih efektif dalam mencegah ataupun mengatasi obesitas sebaiknya si kecil rutin diberikan sayur dan buah sebanyak lima porsi dalam sehari. Kandungan seratnya yang tinggi akan efektif dalam melunturkan lemak.

Dalam penyajian buah dan sayur juga harus dijaga kebersihannya. Misalnya buah dicuci dahulu sebelum dipotong-potong dan disajikan. Taruh buah yang sudah dicuci dalam wadah bertutup dan simpan di kulkas.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...