Thursday, January 24, 2013

Longsilog, Menu Sarapan Masyarakat Filipina

Longsilog, Menu Sarapan Masyarakat Filipina

Jakarta - Masyarakat Indonesia begitu akrab dengan menu nasi goreng plus telur ceplok saat makan pagi. Tak jauh berbeda, Filipina juga punya menu sarapan favorit berupa nasi goreng, telor ceplok, dan sosis longanisa sebagai pelengkap, populer dengan sebutan longsilog.

Makan pagi bermanfaat sebagai sumber energi untuk beraktivitas seharian. Karenanya, menu longsilog sangat populer jadi menu sarapan orang Filipina. Terdiri dari nasi berbumbu dengan telur mata sapi di sisinya. Umumnya menggunakan nasi putih biasa, ataupun diolah menjadi garlic fried rice yang gurih.

Untuk nasi gorengnya, digunakan nasi yang dimasak kemarin. Teksturnya lebih kering dan cocok untuk diolah jadi nasi goreng. Kemudian dimasak bersama tumisan bawang putih, serta diberi tambahan lada dan garam. Jangan lupa untuk membuat telur mata sapi, dan berikan garam secukupnya agar lebih gurih.

Unsur terpenting dari longsilog adal ah longanisa atau sosis yang ukurannya pendek. Longanisa sangat populer di Filipina, dan banyak dijual di pasaran. Longanisa siap olah biasanya dimasak dengan cara direbus lalu digoreng hingga warnanya kecoklatan. Longanisa umumnya dibuat dari daging dan lemak babi, serta diberi tambahan garam, lada, bawang putih dan juga cuka.

Pembuatannya juga khas, karena telur, nasi, serta sosis longanisa ditata sendiri-sendiri, dan tidak dimasak secara bersamaan. Untuk hiasan dan pelengkap biasanya ditambahkan peterseli ataupun mentimun.

(odi/fit)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...