Wednesday, February 27, 2013

Suplemen Vitamin Manfaatnya Sama dengan Buah Segar?

Suplemen Vitamin Manfaatnya Sama dengan Buah Segar?

Jakarta - Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi banyak orang minum suplemen. Karena asupan buah dan sayur dirasa tak cukup, dan perlu nutrisi tambahan dari suplemen. Namun apakah benar, suplemen ini punya manfaat yang sama dengan buah dan sayur segar?

Sejak dulu, buah, sayur, dan kacang-kacangan jadi makanan yang harus rutin dikonsumsi. Pasalnya, jenis makanan tersebut mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Berbagai penyakitpun bisa dicegah dengan konsumsi buah dan sayur dalam jumlah tinggi.

Untuk orang dewasa, asupan buah dan sayur yang dianjurkan adalah sekitar 5 porsi sehari. Jenisnya bisa dipadu-padankan, dari brokoli, bayam, wortel, juga buah tinggi nutrisi seperti apel dan jeruk. Menurut ahli kesehatan bernama Dr. Frankie Robinson seperti dimuat Daily Mail, dibanding vitamin dalam jenis kapsul, nutrisi yang paling baik didapat dari buah dan sayuran segar.

Situs Health Reviser juga membeberkan al asannya. Dibanding rutin minum suplemen vitamin tiap hari, makan buah dan sayuran segar secara teratur bisa memberikan dampak yang jauh lebih besar, karena langsung dikonsumsi tanpa melewati beragam proses. Nutrisi yang didapat langsung dari buah dan sayur diserap dan bekerja lebih baik di dalam tubuh.

"Suplemen buah dan sayur tak hanya mengandung vitamin dan mineral alami yang lebih kaya dibanding suplemen vitamin, namun juga berisi antioksidan dan phytonutrient lain, bahkan serat yang ditemukan dalam buah dan sayur mentah segar," ungkap situs Health Reviser.

Namun, anjuran untuk makan beragam buah dan sayur segar dalam satu hari dianggap sukar dilakukan. Agar lebih praktis, Dr. Samuel Oetoro MS SpGK. menyarankan untuk mengolahnya menjadi jus dengan bantuan blender agar beberapa jenis buah dan sayur bisa sekaligus dikonsumsi.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...