Friday, February 15, 2013

Makan Jeruk dan Olahraga Obati Flu Lebih Cepat

Makan Jeruk dan Olahraga Obati Flu Lebih Cepat

Jakarta - Sedang terserang flu dan ingin segera pulih? Selain istirahat cukup, konsumsi buah dan sayuran kaya vitamin C sangat dianjurkan. Apalagi jika masih dibarengi dengan olahraga, maka tubuh akan lebih cepat pulih.

Bagi orang yang berolahraga, vitamin C bisa mengurangi risiko hingga setengah bahkan menghilangkan flu. Ilmuwan dari University of Helsinki memulai serangkaian studi yang melibatkan lebih dari 11.0000 orang untuk melihat manfaat kesehatan vitamin C . Vitamin ini bisa ditemukan pada sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, strawberry dan kiwi.

Mereka memberikan kelompok partisipan yang terdiri dari anak sekolah Swiss, pelari marathon, perenang remaja, dan tentara Kanada satu dosis vitamin C. Kemudian menilai dampaknya pada kesehatan mereka.

Para peneliti menemukan penurunan risiko terserang flu ada di kelompok orang yang berada dibawah tekanan fisik jangka pendek seperti olahraga. Perenang laki-laki yang diobati de ngan suplemen vitamin C berhasil sembuh dua kali lebih cepat dari anak laki-laki yang tidak mengonsumsi vitamin.

Para peneliti juga menemukan bahwa anak-anak terlihat lebih responsif terhadap vitamin C daripada orang dewasa. Dengan 1 gram takaran vitamin C bisa memangkas durasi flu pada anak-anak sebanyak 18 persen dan orang dewasa 8 persen.

“Jika konsumsi vitamin C untuk menurunkan risiko flu belum terlihat hasilnya, hal ini menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C secara rutin belum dilalukan. Namun, vitamin C bisa lebih efektif efeknya untuk orang yang melakukan aktivitas olahraga,” kata Harri Hemild dan Elizabeth Chalker selaku penulis studi kepada Daily Mail (15/02/2013).

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...