Thursday, February 14, 2013

Kriuk-kriuk Krenyes Garing Bihun Siram Kwang Tong

Kriuk-kriuk Krenyes Garing Bihun Siram Kwang Tong

Jakarta - Cabang resto gaya China dari Surabaya ini punya menu komplet. Selain aneka seafood, hidangan mie yang kenyal lembut jadi menu andalannya. Aneka sayuran cah dan hidangan daging ayam bisa jadi pelengkap yang pas jika ingin bersantap malam dengan nasi.

Selain macet kawasan Ampera Raya juga terkenal dengan aneka jajanan malam yang enak. Seperti House of WOK yang baru buka. Resto ini ada di salah satu sudut Jason Supermarket yang belum lama dibuka.

Ternyata restoran ini masih satu perusahaan dengan FINNA Brand yang terkenal dengan aneka produk bahan makanan. Seperti tepung terigu, saus sambal, saus tomat, kerupuk dan produk lainnya. Karena itulah resto ini memakai bahan makanan produk sendiri.

Saat memasuki resto ini suasananya mirip seperti restoran bergaya China. Terdapat jendela kayu dengan ukiran khas juga dapur mini yang cantik berdinding kayu. Ada sekitar 11 meja makan yang tersusun rapi, dilengkapi dengan buku menu yang seng aja ditaruh dengan posisi berdiri.

Jejeran menu dengan racikan khas Asia hampir membuat bingung. Ada mie sapo, I fu mie, tamie cap cay, bihun kwang tong, nasi goreng canton,ayam cah jamur, udang ala WOK hingga aneka snack seperti jamur teriyaki dan dori mayonaise. Kalau ingin yang berkuah hangat gurih juga tersedia sapo tahu.

Akhirnya tiga pilihan menu makan malam kali ini kami pilih dengan cepat. Ada Bihun Kwang Tong (Rp. 33.636) dengan racikan khas Makassar, Koo Lo kee (Rp. 38.181) juga seporsi Jamur Teriyaki (Rp. 23.636).

Tanpa menunggu lama seporsi Bihun Kwang Tong berporsi royal tersaji di meja. Kemudian disusul dengan dua menu lainnya. Semerbak wangi bawang putih begitu gurih, porsi bihunnya sangat royal dengan aneka topping yang berlimpah. Ada ayam masak merah, daging ayam rebus, bakso ikan, bakso udang, ati dan ampla ayam, telur juga irisan caisim.

Bihunnya digoreng kering merekah, tersaji dalam bentuk gulungan dan ditata rapi mengelilingi pir ing. Kuah kental dari tepung kanji disiram langsung ditengah-tengah tumpukan bihun goreng bersama aneka toppingnya.

Penasaran dengan rasanya, bihun gorengpun langsung mendarat di mulut. Krenyes tekstur garing gurihnya terkoyak enak. Sesekali sayapun mengunyah bakso udang dan ikan yang empuk manis. Menyeruput kuah kentalnya tidak terlalu gurih justru bumbu alami seperti bawang putihlah yang terasa sedap. Slruup!

Sayapun tak melupakan Ko Lo Kee yang tampil cantik ini. Daging ayam goreng ini dimasak dengan saus asam manis yang segar. Potongan buah nanas dan bawang bombay menghantarkan aroma segar ke hidung. Sebenarnya sajian ayam asam manis ini termasuk sajian klasik yang sudah tak banyak disajikan di resto China.

Jamur teriyaki yang jadi hidangan penutup kami, jamurnya dibalut dengan tepung homemade dari FINNA dan digoreng hingga kering. Kemudian disiram dengan saus teriyaki yang kental dan kecokelatan. Wah tekstur garing dan empuk menyatu. Krenyes asyik saat dikunyah karena ada rasa gurih enak dari saus teriyakinya. Wah,puas sudah makan malam kali ini!

House of Wok
1st Level Town Square
Surabaya
Telp. 031-5633691

Power Centre Pakuwon Town Square
Lt. Ground, Surabaya
Telp. 031-58208595

Grand City Lt. 4
Surabaya
Telp. 031-52405919

Ciputra World Lt. 3 No. 5
Jl. Mayjend Sungkono
Surabaya
Telp. 031-1716466

Kota Wisata Cibubur
Blok 8 No. 025-026
Jakarta
Telp. 021-29383857

Jason's Market
Jl. Ampera Raya
Cilandak, Jakarta Selatan

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...