Thursday, February 21, 2013

Berikan Jus Buah Segar Agar Kebutuhan Vitamin C Anak Tercukupi

Berikan Jus Buah Segar Agar Kebutuhan Vitamin C Anak Tercukupi

Jakarta - Saat anak mulai diperkenalkan makanan padat, iapun perlu diberikan minum setelah makan. Tidak selalu diberikan air putih, jus buah juga bisa menjadi alternatif guna mencegah dehidrasi dan memenuhi kebutuhan vitamin C si kecil.

Usia anak yang mencapai 7 bulan ke atas tentunya sudah dapat diperkenalkan dengan aneka jenis makanan. Termasuk minuman segar dan menyehatkan seperti jus buah. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi hariannya.

Kebutuhan akan cairan yang terus meningkat pada si kecil haruslah terpenuhi. Misalnya dengan memberikan air putih yang kaya mineral sebanyak 200 ml. Namun, tetap diberikan susu berupa ASI ataupun susu formula berkadar lemak rendah.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi si kecil juga bisa diberikan jus buah yang segar. Jus buah bisa diberikan pada anak yang usianya di atas enam bulan. Jus buahpun harus disajikan dalam bentuk encer, seperti jus jeruk dengan perbandingan buah dan sayur sekitar 1:10.

Jika si kecil memiliki pola makan vegetarian, jus buah yang encer ini dapat memberikan asupan vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi. Meskipun begitu, Andapun harus berhati-hati untuk tidak memberikan tambahan gula pada jus, karena bisa menyebabkan kerusakan gigi.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...