Monday, February 25, 2013

Hati-Hati, Kurang Tidur Bikin Pria Gampang Lapar!

Hati-Hati, Kurang Tidur Bikin Pria Gampang Lapar!

Jakarta - Sering begadang dan kurang tidur? Hati-hati, kebiasaan ini memicu kondisi negatif pada tubuh. Salah satunya adalah mempengaruhi pola makan dan membuat selera makan menjadi-jadi. Bisa-bisa tubuh jadi gemuk dan terserang beragam penyakit.

Jika semalam Anda terjaga semalam suntuk, perhatikan asupan makanan hari ini. Para peneliti di Uppsala University di Swedia mengemukakan mengenai efek dari kurang tidur. Dikatakan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology, mereka yang hobi begadang dan kurang tidur memiliki nafsu makan yang sangat besar. Keadaan ini dikhawatirkan bisa memicu peningkatan berat badan sekaligus meningkatnya risiko akan penyakit tertentu.

Penelitian dilakukan pada 16 pria dengan berat badan yang normal. Para pria ini dihadapkan pada menu buffet yang berisi makanan lezat dan menggoda. Sebelumnya, mereka diminta untuk tidak tidur semalaman dan tetap terjaga. Malam selanjutnya, mereka diberi waktu untuk tidur sekitar 8 jam.

Kemudian 16 pria ini diminta untuk memilih jumlah porsi untuk 7 jenis makanan, dan juga 6 jenis camilan. Hasilnya ditemukan jika mereka memilih menu dengan porsi paling besar.

"Setelah semalaman tidak tidur, para pria yang tidak tidur memilih porsi paling besar akan makanan yang bisa meningkatkan energi. Yang menarik, mereka melakukannya juga sebelum dan setelah sarapan, menunjukkan jika kurang tidur meningkatkan konsumsi makanan dan membuat sulit kenyang," kata ketua peneliti Pleunie Hogenkamp seperti dimuat dalam NY Daily News (22/02/2013).

Kurang tidur biasanya dilakukan karena berbagai alasan. Dari banyak tugas yang harus diselesaikan, tayangan televisi yang menarik, hingga mengalami sulit tidur. Untuk alasan yang terakhir, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan, di antaranya adalah makan buah pisang, dan juga makan buah jeruk.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...