Tuesday, February 19, 2013

Daging Ayam dan Ikan Perlu Diberikan pada Anak yang Disapih

Daging Ayam dan Ikan Perlu Diberikan pada Anak yang Disapih

Jakarta - Menyapih merupakan proses dimana bayi tidak lagi disusui secara terus menerus lagi. Biasanya asupan susu juga didapatkan dari susu formula. Saat itu juga si kecil sudah mulai diperkenalkan dengan makanannya, namun harus dalam bentuk lumat dan agak encer.

Menu makanan pertama yang bisa diberikan saat menyapih adalah pure sayuran dan buah-buahan. Setelah itu Andapun bisa memperkenalkan daging. Pemberiannya juga harus dalam bentuk lumat karena pertumbuhan gigi dan sistem pencernaan si kecil yang belum sempurna.

Daging diketahui kaya akan zat besi, jenisnya bisa berupa daging sapi, ikan dan ayam. Namun sumber zat besi juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Selain susu dan vitamin yang banyak terdapat dalam susu, buah dan sayur, zat besi yang terdapat di dalam daging juga sangat diperlukan.

Jenis daging yang bisa diberikan terlebih dahulu adalah ikan dan ayam. Keduanya memiliki tekstur yang lembut dan tidak banyak serat. Meskip un begitu pemberiannyapun harus tetap dicampurkan dengan pure sayuran yang lembut agar mudah ditelan oleh si kecil.

Bila sudah terbiasa dengan tekstur daging ayam dan ikan, barulah bisa memulai untuk memberikan daging sapi. Dagingnya harus dipilih bagian yang paling empuk dna dimasak hingga lunak Setelah itu barulah dimasak kembali dengan pure sayuran hingga teksturnya seperti bubur.

Selain itu bumbu dapur alami seperti bawang juga bisa ditambahkan agar rasa makanannya semakin gurih. Kandungan nutrisi dalam bawangpun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...