Tuesday, November 20, 2012

Mau Berhenti Merokok? Seringlah Kumur dengan Lemonade!

Mau Berhenti Merokok? Seringlah Kumur dengan Lemonade!

Rabu, 21/11/2012 09:38 WIB

Mau Berhenti Merokok? Seringlah Kumur dengan Lemonade!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Mau Berhenti Merokok? Seringlah Kumur dengan Lemonade!
Foto: Thinkstock
Jakarta - Segelas lemonade yang manis segar cocok sebagai pengusir rasa haus. Disajikan dengan es batu atau diseduh air panas sama-sama enak. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa lemonade punya manfaat baru untuk kesehatan.

Lemonade merupakan air jeruk lemon yang ditambahkan gula dan air. Bisa disajikan dingin atau hangat. Dibalik rasanya yang manis segar, punya manfaat lebih untuk kesehatan. Sebuah temuan baru yang didapat oleh para ilmuan menunjukkan bahwa lemonade dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Seperti yang diberitakan dailymail.co.uk (8/11/2012), lemonade mengandung sejumlah glukosa. Jika digunakan untuk kumur diketahui dapat membantu mengurangi kebiasaan merokok. Hasil penelitian ini sudah dilakukan oleh tim peneliti dari University of Georgia.

Tidak hanya itu, penelitian yang melibatkan 51 responden ini, juga menghubungkan tingkat kon sentrasi dan peningkatan energi. Peserta penelitian dibagi menjadi dua kelompok dan diminta untuk kumur dengan lemonade. Setengah responden diberikan lemonade dengan gula asli dan sebagian lainnya diberikan lemonade dengan gula tambahan.

Secara signifikan ditemukan bahwa responden yang kumur dengan lemonade gula asli, tingkat konsentrasinya cenderung lebih tinggi. Tidak demikian dengan mereka yang kumur dengan lemonade dengan gula tambahan.

“Setelah uji coba ini glukosa dapat merangsang sensor karbohidrat sederhana di lidah. Kemudian akan dibawa ke otak untuk memberikan sinyal dan memerintahkan tubuh.” jelas Prof. Leonard Martin, dari University of Georgia.

Meskipun begitu bukan berarti obat kumur yang mengandung glukosa bisa mengatasi masalah ini. “Jika Anda ingin berhenti merokok secara total, kumur saja dengan air lemonade yang diberikan gula asli. Dalam waktu cepat kebiasaan merokok akan terhenti.” tambah Martin.

(dyh/odi)


Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Hubungi kami:
Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media partner: promosi[at]detik.com
Pemasangan iklan: sales[at]detik.com

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...