Monday, November 19, 2012

Konsumsi Sarden Lindungi Wanita dari Depresi Pasca Persalinan

Konsumsi Sarden Lindungi Wanita dari Depresi Pasca Persalinan

Senin, 19/11/2012 17:36 WIB

Konsumsi Sarden Lindungi Wanita dari Depresi Pasca Persalinan

Fitria Rahmadianti - detikFood

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Konsumsi Sarden Lindungi Wanita dari Depresi Pasca Persalinan
Foto: Thinkstock
Jakarta - Menurut studi di jurnal Departemen Kesehatan Juni 2012, sebanyak 2,32% wanita Indonesia mengalami depresi pasca melahirkan. Namun, hal ini dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi omega-3 dari ikan seperti sarden.

Postpartum depression (PPD) adalah depresi yang dialami ibu pada tahun pertama setelah melahirkan. Meski tak separah postpartum psychosis, kondisi ini lebih buruk dibanding baby blues. Gejalanya bisa berupa perasaan bersalah, kelelahan, mudah marah kepada orang lain, dan berkurangnya gairah seksual.

Para peneliti menganalisis data dari 75 studi terdahulu terkait PPD. Mereka melihat hubungan dengan varian genetik bernama 5-HTT dan asupan omega-3.

"Literatur ini menunjukkan ada kaitan antara kehamilan, omega-3, dan reaksi kimiawi yang memungkinkan serotonin dilepas ke otak kita," ujar ketua peneliti, Dr Gabriel Shapiro, seperti diberitakan Huffington Post U K (16/11/12). Serotonin adalah hormon yang membuat kita merasa bahagia.

Dari sini, terlihat bahwa kombinasi kurangnya omega-3 dan faktor genetik bisa memicu depresi. Kadar omega-3 turun pada masa kehamilan dan tetap rendah setidaknya selama enam minggu pasca persalinan.

Karena itulah konsumsi ikan yang banyak mengandung minyak dianggap dapat mencegah depresi setelah melahirkan. Salmon, sarden, mackerel, dan teri basah (anchovy) adalah beberapa ikan yang paling tinggi kandungan omega-3nya. Bagaimanapun juga, menurut peneliti, hasil penelitian ini memerlukan riset lebih lanjut.

(dyh/odi)


Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Hubungi kami:
Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media partner: promosi[at]detik.com
Pemasangan iklan: sales[at]detik.com

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...