Monday, March 11, 2013

Ngemil Lemper Ayam Berbungkus Daun Pisang yang Paling Pulen dan Gurih

Ngemil Lemper Ayam Berbungkus Daun Pisang yang Paling Pulen dan Gurih

Jakarta - Mengudap nasi ketan dengan isian ayam cincang yang lembut guring memang paling asyik sore begini. Kepalan ketan yang lengket dan kenyal dibungkus daun pisang dengan isian ayam cincang berbumbu wangi. Bertekstur lembut dengan semburat gurih-gurih manis. Nyam-nyam!

Lemper sangatlah terkenal di Indonesia, merupakan salah satu jajan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Ketannya ditanak dengan santan kemudian dikukus. Umumnya berisi daging ayam cincang yang diberi bumbu mirip opor. Ada serai, daun salam, garam, ketumbar, bawang merah dan bawang putih. Tidak semua lemper dibuat dengan dikepal tangan. Banyak juga yang menggunakan cetakan agar lemper telihat rapi.

Jika merasa repot membuatnya sendiri di rumah, beberapa toko kue di Jakarta juga menjual lemper yang kenyal gurih. Detikfood telah mencicipi lemper ayam dari tiga toko roti tersohor di Jakarta, tentunya masing-masing punya racikan yang berbeda-beda. AJ Backery & Cake, Le Gourmet dan Regina Bakery. Semuanya kami pilih yang masih memakai daun pisang asli sebagai bungkusnya. Wah, kira-kira lemper ayam mana yang paling enak?

Lemper ayam yang pertama Detikfood cicipi adalah buatan AJ Bakery & Cake. Bakery dari Medan ini selain punya roti andalan juga aneka jajan pasar. Ayam yang menjadi isiannya ditutupi dengan nasi ketan secara merata. Agaknya lemper ini dikepal dengan tangan karena bentuknya segi empat agak bulat.

Saat digigit, nasi ketan terasa lengket agak gurih dan tercium wangi daun pisang yang jadi pembungkusnya. Sedangkan daging ayamnya terasa sedikit manis dengan semburat gurih. Meskipun warnanya pucat, cincangan ayamnya terasa super halus. Harga satuan lemper ayam ini tidaklah mahal hanya Rp. 4.000 saja. Ketebalan isian ayam dan ketannya cukup seimbang.

Lain lagi dengan lemper ayam dari Le Gourmet. Bentuk lempernya kotak memanjang, terlihat lebih rapi dan seragam, sepertinya lemper ayam ini dibuat dengan dicetak (http://food.detik.com/read/2011/02/28/165528/1581343/482/ini-dia-cara-bikin-lemper-cantik). Lemper ayam hanya dibungkus setengah bagian saja dan isiannya bisa terlihat jelas. Kemudian bungkusannya dilapisi lagi dengan plastik transparan.

Lemper ayam seharga Rp 6.400 ini, teksturnya berbeda dengan buatan AJ Bakery & Cake. Nasi ketannya justru agak keras, pera, tapi ayam cincangnya justru lebih gurih, karena disangrai dengan bumbu hingga kering. Ayamnyapun menebar aroma serai dan daun salam yang wangi segar.

Lemper ayam ketiga yang kami cicipi adalah buatan Regina Bakery. Lemper ayam ini bentuknya pipih dengan isian ayam cincang yang putih pucat. Dibungkus dengan daun pisang, seperti lemper pada umumnya yang dibungkus dengan daun pisang.

Wah, saat mencicipinya, tekstur nasi ketan begitu lengket berbeda dengan dua lemper ayam sebelumnya. Nasi ketannya juga menebar aroma wangi serai dan bawang. Namun sayang isian ayam cincangnya lebih sedikit denga n rasa gurih yang kurang kuat. Satu potong lemper ayam ini harganya Rp. 5.000.

Nah setelah mencicipi lemper ayam dari ketiga toko roti ternama di Jakarta, rasanya lemper ayam buatan AJ Bakery & Cake lah yang cocok dilidah kami. Tekstur ketannya pulen, empuk dan tidak terlalu lengket. Isiannya juga seimbang tebalnya. Bumbu ayamnya terasa gurih kuat.

Nah, kalau berencana mencari kudapan sore hari jangan ragu unruk membeli lemper ayam. Sambil ngemil sekaligus melestarikan jajanan tradisional. Jangan lupa cari yang berbungkus daun pisang asli ya. Makin asyik kalau dinikmati dengan secangkir teh atau kopi panas!

AJ Bakery & Cake
Jl. Summagung III blok KR No. 22
Kelapa Gading Permai
Jakarta Utara
Telp. 021-452 3956 / 2984

Jl. Boulevard Raya DF No. 22
Kelapa Gading Permai
Jakarta Utara
Phone 021-452 8467 / 68

Ruko Melati Mas Square
Blok A2 No. 21-23
Jl. Raya Serpong, Tangerang
T elp. 021-5373653 / 4109

Le Gourmet
Pondok Indah Mall 1, G Fl Bl Island Unit 3
Jl. Metro Pondok Indah
Jakarta Selatan

Jl. Jend Sudirman Kav 29-31
World Trade Center
Jakarta 12920

Jl. Senopati I No. 15
Kebayoran Baru, Jaksel
Telp. 021-521 2752

Jl. Johar No. 1 A
Gondangdia, Menteng
Jakarta Pusat 10350
Telp. 021-3101833

Regina Bakery
Jl. HOS. Cokroaminoto No. 72
Menteng, Jakarta
Telp. 021- 3149972

Bintaro Plaza, 1st Fl Bl F Unit 7
Jl. Bintaro Utama III - A,
Jakarta Selatan

Tamini Square
Jl. Raya Taman Mini, Jakarta
Telp. 021- 87786234

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...