Sunday, March 3, 2013

Industri Susu Amerika Ajukan Petisi Pencantuman Pemanis Buatan

Industri Susu Amerika Ajukan Petisi Pencantuman Pemanis Buatan

Jakarta - Dua organisasi produsen susu Amerika mengajukan perubahan definisi susu yang dibuat oleh FD untuk memasukkan pemanis buatan pada label produk. Langkah ini untuk meningkatkan pola makan sehat anak dalam program makan siang sehat di sekolah.

Definisi susu menurut Food and Drug Administration (FDA) adalah pelepasan lacteal, bebas dari kolostrum, diperoleh dari pemerahan satu sapi atau lebih.Dapat diklarifikasi dan bisa disesuaikan dengan memisahkan bagian lemak menjadi produk concentrated milk, reconstituted milk, dan dry whole milk.

Dalam petisi yang diajukan bersama USDA, The International Dairy Foods Association (IDFA), dan National Milk Producers Federation (NMPF) meminta FDA mengubah definisi susu dan 17 produk susu lainnya sehingga pemanis buatan bisa dimasukkan, tanpa harus ditunjukkan pada label produk.

Dilansir dalam New York Daily News (04/02/2013), organisasi produk susu mengatakan bahwa langkah ini bisa meningkatkan praktek makan sehat. Selanjutnya menurunkan angka obesitas pada anak-anak dengan menyediakan produk susu berbagai rasa yang rendah kalori.

Hal ini dianggap sebagai salah solusi, mengingat anak-anak lebih menyukai susu dengan perasa daripada susu tawar. Selain itu, penunjukkan Ć¢€œPengurangan KaloriĆ¢€ pada label depan produk akan mengurangi ketertarikan anak untuk mengonsumsi produk susu.

Sebelumnya, pemanis yang sudah disetujui seperti Aspartame sudah boleh dimasukkan ke dalam susu. Aspartame seringkali dipakai pada susu dengan perasa, tetapi penambahan bahan ini disebutkan pada label depan produk.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...