Tuesday, March 12, 2013

Harga Bawang Putih dan Bawang Merah Masih Tinggi

Harga Bawang Putih dan Bawang Merah Masih Tinggi

Jakarta - Setelah daging sapi kini harga bumbu masakan ikut naik hingga 100%. Terjadi pada bawang putih dan bawang merah. Melambungnya harga bawang ini tentunya akan menambah biaya pengeluaran untuk belanja rumah tangga dan usaha makanan.

Bawang putih dan bawang merah merupakan bumbu dasar masakan yang umum digunakan di Indonesia. Keduanya dapat menciptakan rasa pada masakan agar lebih sedap. Sayangnya saat ini pasokan kedua bawang ini sedang menipis.

Lahan pertanian bawang putih di Indonesia cukup banyak, seperti Tegal, Karang Anyar, Tawangmangu, Lombok dan Kalimantan. Namun saat ini pasokan bawang sedang menipis, dan membuat masyarakat menjadi resah. Pasalnya harga jual bawang semakin melonjak. Tentulah hal ini berdampak buruk dagi seluruh masyarakat, baik kalangan atas juga kalangan bawah.

Harga bawang putih saat ini diketahui mengalami kenaikan hingga lebih dari 100 persen. Mulanya hanya Rp 13.000 hingga Rp 14.000 per kg. Namun bebe rapa hari ini harganya mulai naik berkisar Rp 75.000 per kg untuk jenis Kating, dan Rp 60.000 per kg untuk bawang putih Sinchung dari China.

Kemudian disusul dengan harga bawang merah yang juga ikut melonjak. Kalau sebelumnya harga bawang merah berkisar Rp 12.000 per kg, saat ini bisa mencapai Rp 48.000 per kg. Harga yang melambung sangat tinggi ini pastilah membuat masyarakat menjerit.

Seperti dikutip detik Finance (10/3/2013), dikabarkan pemerintah mengimpor bawang putih sebanyak 29.136 ton. Dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bawang dari bulan Januari hingga Juni 2013.

Masuknya bawang putih impor ini juga diyakini dapat menekan harga bawang putih yang kembali normal, dengan harga jual sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per kg. Kemudian disusul juga dengan penurunan harga bawang merah. Meskipun begitu di beberapa tempat, kelonjakan harga bawang masih terus terjadi.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...