Tuesday, March 5, 2013

Dua Gelas Wine Sehari Perpanjang Umur Pasien Jantung

Dua Gelas Wine Sehari Perpanjang Umur Pasien Jantung

Jakarta - Wine sejak lama dikenal baik untuk kesehatan pembuluh darah jantung. Selama ini, minuman beralkohol tersebut diketahui dapat mencegah penyakit jantung. Ternyata, orang yang terlanjur menderita gangguan jantungpun bisa merasakan manfaatnya.

Menurut studi yang dimuat di International Journal of Cardiology, orang yang meminum red wine atau white wine dalam jumlah sedang berkurang risikonya terkena serangan jantung lagi. Mereka juga berkesempatan hidup lebih lama karena angka kematiannya lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum.

Namun, bukan berarti mereka yang tadinya tidak mengonsumsi wine harus minum agar mendapat manfaatnya. Menurut para peneliti, temuan ini hanya berlaku pada pasien yang sebelum menjalani percobaan sudah rutin meminum wine.

Peneliti dari Harvard Medical School dan beberapa pusat riset di Italia menguji 11.248 pria dan wanita di Italia yang baru-baru ini mengalami serangan jantung. Peneliti memeriksa keb iasaan makan dan asupan wine peserta studi.

Kemudian, peneliti menelusuri berapa banyak sukarelawan yang mengalami gangguan jantung dalam waktu 3,5 tahun setelah serangan jantung sebelumnya. Termasuk pula mencatat berapa orang yang meninggal tujuh tahun kemudian.

Hasilnya, mereka yang minum setengah liter wine sehari (setara dengan dua gelas besar wine) 13% lebih rendah risikonya mengalami gangguan jantung lagi. Angka kematiannyapun 17% lebih rendah dibanding yang tidak minum.

Makanan berlemak, kurang berolahraga, dan kebiasaan merokok merupakan faktor risiko penyakit jantung. Namun, hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi wine, terutama red wine, yang mengandung antioksidan. Red wine mengurangi penumpukan kolesterol berbahaya dan meredam peradangan di pembuluh darah.

Menurut peneliti, selain efek perlindungan yang didapat dari konsumsi wine, mereka yang minum wine dalam kadar ringan sampai sedang umumnya bergaya hidup lebih sehat. Makanya risiko pe nyakit jantungnya lebih rendah.

"Dalam penelitian kami, subyek yang minum wine tampak lebih sehat dibanding yang tidak minum. Kami juga menemukan bahwa kebiasan makannya lebih buruk pada mereka yang asupan winenya tinggi," ujar peneliti, seperti diberitakan Daily Mail (04/03/13).

Jika Anda memang suka minum alkohol, disarankan jangan meneguk lebih dari empat unit wine (sekitar 350 ml wine) sehari untuk pria dan tiga unit (250 ml) sehari untuk wanita. Bagaimanapun juga, temuan ini bukanlah alasan untuk mulai minum wine jika sebelumnya tak pernah minum, baik Anda menderita penyakit jantung atau tidak.

"Ada banyak cara yang lebih sehat untuk melindungi jantung, seperti aktif bergerak, mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta berhenti merokok," saran Tracy Parker, ahli diet di British Heart Foundation.

(odi/fit)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...