Sunday, March 3, 2013

Boot, Bell, Bone dan Ball, Nama Khas Untuk Nugget McDonald's

Boot, Bell, Bone dan Ball, Nama Khas Untuk Nugget McDonald's

Jakarta - Sejak tahun 1983, Chicken McNugget menjadi salah satu hidangan populer restoran cepat saji McDonald's. Potongan adonan ayam yang renyah berwarna emas kecokelatan ini punya proses panjang. Dari pasokan daging, tes uji kualitas hingga bentuk nugget.

Dalam sebuah sesi uji kualitas di markas McDonald's di Oak Brook, Illinois, Amerika Serikat. Pihak McDonald's pada tahap pertama menerima pasokan daging dari para pemasok. Setelah itu, tim McDonald's akan menilai daging yang diberikan.

Tim produksi McDonald's harus memastikan setiap potongan makanan yang akan dikonsumsi sempurna dan memenuhi standar. Dalam hal ini standar yang harus dipenuhi sampai kepada bentuk setiap Chicken McNugget yang akan dijual.

Tim sensor McDonald's menjelaskan bahwa Chicken McNuggets mempunyai empat bentuk yang khas. Hal ini untuk memenuhi kualitas “Gold Standard” McDonald's. Bentuk harus benar-benar dibuat pas dengan aturan.

“Ada empat bentuk s tandard Chicken McNuggets antara lain Ball, Bone, Bell, dan Boot,” kata Barbara J. Booth selaku director of sensory science di McDonald's Amerika Serikat kepada Business Insider (04/03/2013). Seperti namanya, bentuk nugget boot berbentuk seperti sepatu boot dan bell berbentuk seperti lonceng. Sementara bone mempunyai bentuk hampir seperti kubus dan ball mempunyai bentuk bundar.

Lain tempat, lain pula penyebutannya. Di McDonald's Kanada, nama bentuk bone diganti menjadi bow-tie. Namun, menurut standar McDonald's, Chicken McNugget butuh lebih dari sekedar bentuk yang sempurna. Perusahaan menguji rasa, tekstur tepung, tekstur daging, kekenyalan saat digigit, warna, lapisan tepoung, dan banyak hal lainnya.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...