Tuesday, March 5, 2013

Agar Berat Bayi Cukup, Wanita Hamil Wajib Konsumsi Tuna dan Salmon

Agar Berat Bayi Cukup, Wanita Hamil Wajib Konsumsi Tuna dan Salmon

Jakarta - Angka kejadian BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) di Indonesia disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah kurang asupan makanan bergizi seperti asam lemak omega-3. Jika takut berat bayi lahir kurang, makan saja ikan salmon dan tuna.

Saat masa kehamilan berlangsung, wanita hamil diwajibkan untuk mengonsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3. Sama pentingnya dengan mengkonsumsi DHA yang merupakan asam lemak tak jenuh golongan omega-3.

Kedua kandungan nutrisi tersebut banyak terdapat di dalam ikan salmon, bawal putih dan ikan tuna. Makanan tinggi asam lemak omega-3 dan DHA sangat baik dalam menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan.

Sebuah studi yang telah diterbitkan dalam American Journal Clinical Nutrition, secara acak melibatkan 154 wanita sehat untuk mengonsumsi 600 mg asam lemak omega-3. Responden yang terlibat adalah wanita hamil yang memasuki usia akhir kehamilan.

Konsumsi omega-3 dan DHA para responden juga dibandingkan dengan status sosial ekonomi dan kebiasaan merokok. Para tim peneliti menemukan calon ibu yang rutin mengonsumsi omega-3 diketahui berat bayinya lebih berat sekitar 679 gram dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi omega-3.

Tidak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 pada salmon, bawal putih dan tuna juga dapat membantu pertumbuhan otak janin. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrimenthe di University of Granada, menunjukkan bahwa Ibu hamil yang sering makan ikan bayinya akan menjadi cerdas.

“Wanita harus mengetahui seberapa pentingnya mengonsumsi omega-3 dan DHA selama kehamilan, jika perlu merekapun dianjurkan untuk selalu konsultasi dengan dokter.” ujar Susan E. Carlson, seorang profesor di University of Kansas.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...