Friday, March 8, 2013

'A Place At The Table' , Film Dokumenter Kelaparan di Amerika Segera Dirilis

'A Place At The Table' , Film Dokumenter Kelaparan di Amerika Segera Dirilis

Jakarta - Banyak tayangan kuliner Amerika menampilkan konsumsi hamburger, pizza, dan steak berlebihan. Nyatanya, masyarakat Amerika Serikat sedang dilanda kelaparan. Filmn dokumenter A Place At The Table mengungkap keadaan sebenarnya di Amerika.

Film ini diproduseri oleh Tom Colicchio yang dikenal sebagai juri Top Chef dan disutradari oleh Lori Silverbush. A Place At The Table berfokus pada masalah 50 juta masyarakat Amerika Serikat termasuk seorang keluarga dengan empat anak yang tidak mampu memberikan makanan yang cukup setiap harinya.

Film ini mengeksplorasi beberapa faktor yang berkontribusi pada tingginya tingkat kelaparan di Amerika Serikat. Seperti kemiskinan, program bantuan makanan yang tidak memadai, dan mahalnya makanan sehat.

Di Amerika Serikat, food stamp atau kupon makanan tersedia untuk membantu para warga dengan penghasilan rendah membeli makanan. Sayangnya setiap hari para warga tersebut hanya diberikan food stamp rata- rata senilai $ 3 atau sekitar Rp 29.000. Uang itu tidak mencukupi untuk membeli sayuran dan buah yang rata-rata dihargai $ 5 atau sekitar Rp 48.000.

Karena itu banyak keluarga yang bergantung pada kupon makanan lebih memilih mengonsumsi makanan olahan yang tidak sehat. Seperti makanan kalengan, mie instant dan keripik dengan harga jauh lebih murah.

Dalam film ini juga, Colicchio dan Silverbush berfokus juga pada solusi kelaparan di Amerika Serikat. Strateginya dengan membuat harga makanan terjangkau dan distribusi subsidi makanan lebih merata.

"Uang pajak masyarakat yang dipakai untuk menopang usaha makanan cepat saji sedang dikaji. Jika mungkin sebagian uang tersebut bisa dialihkan ke subsidi sayuran dan buah. Hal ini bisa membuat perubahan yang besar," kata Colicchio kepada Time (08/03/2013).

Saran seperti itu ternyata berujung pada sejumlah solusi. Baru-baru ini Agriculture Deputy Secretary, Kathleen Merrigan mengunjungi Sou th Dakota State University, Amerika Serikat untuk mengumumkan pemberian $ 75 juta kepada 21 Universitas Amerika Serikat.

Uang itu digunakan untuk penelitian, edukasi, dan proyek yang mendorong peningkatan keamanan makanan di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...