Saturday, February 2, 2013

Teh Hijau Cegah Rambut Rontok pada Pria

Teh Hijau Cegah Rambut Rontok pada Pria

Jakarta - Kerontokan rambut juga dialami banyak pria. Bahkan kerontokan ini banyak dialami pria muda dengan usia 20 tahun. Kebotakan yang terjadi ini tentunya akan merusak penampilan. Banyak cara alami melalui makanan dan minuman yang bisa dilakukan sebagai pencegahannya.

Meskipun kebotakan banyak dialami pria pada usia 40 tahun ke atas, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada pria muda. Menurut pakar kesehatan rambut dari Swedia bernama Dr. Fred Zuli juga ilmuwan asal Italia bernama Dr. Falvo Ferrari, kebotakan bisa terjadi akibat masalah gizi, polusi dan stres.

Sebanyak 50 hingga 100 helai rambut yang hilang ini bisa diatasi dengan makanan. Seperti mengonsumsi makanan sumber protein dan mineral. Hubungan makanan dengan rambut sangatlah sederhana. Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin. Karena itulah sangat penting mengonsumsi makanan cukup protein agar rambut tetap kuat.

“Nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan rambut . Sehingga harus diberikan makanan bernutrisi.” jelas Dr Shah, seperti yang dikutip Times of India (1/2/2013).

Asupan mineral bisa berasal dari air putih yang harus diminum setiap jam untuk menguatkan akar rambut. Sedangkan asupan protein bisa didapat dari daging, telur, ikan, tahun dan tempe. Bisa dikonsumsi setiap hari untuk mengurangi sekitar 80 persen kerontokan yang sudah dialami.

Dr. Shah menganjurkan untuk mengkonsumsi bayam, almond, walnut, tahu dan susu sebagai makanan untuk rambut. Selain itu mengonsumsi teh hijau secara teratur juga sangat dianjurkan, karena dapat mengeluarkan hormon Dihydrotestosterone (DHT), penyebab rambut rontok.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...