Monday, February 11, 2013

Rutin Makan Telur dan Ikan Dapat Cegah Kemunduran Daya Ingat

Rutin Makan Telur dan Ikan Dapat Cegah Kemunduran Daya Ingat

Jakarta - Pikun atau lupa sering juga disebut dengan demensia. Umumnya di alami orang saat memasuki usia lanjut. Tidak hanya itu, sindrom Alzheimer juga sering menyerang usia lanjut. Namun dengan rutin mengonsumsi ikan, telur dan kacang-kacangan kemunduran daya ingat bisa dicegah secara alami.

Sebuah penelitian yang telah tercatat dalam Journal of Alzheimer, menemukan bahwa makanan yang mengandung vitamin D3 dan omega-3, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat membersihkan racun yang dapat merusak sel otak.

Vitamin D3 dan asam lemak omega-3 juga diketahui dapat mencegah pembentukan amyloid beta yang secara signifikan diketahui sebagai penyebab Alzheimer. Jenis protein yang satu ini berasal dari asam amino yang terbentuk oleh protein.

Selain itu vitamin D3 dan omega-3 yang terkandung di dalam ikan, telur dan kacang-kacangan, juga dapat mencegah kematian sel yang disebabkan oleh amyloid beta. Karena itula h, diet tinggi omega-3 sangat dianjurkan untuk mencegah risiko terkena Alzheimer dan demensia.

Makanan sumber omega-3 banyak terdapat di dalam ikan salmon, ikan sarden dan jenis ikan berminyak lainnya. Tidak hanya ikan, kandungan omega-3 juga hadir di dalam daging ayam, kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

Sedangkan makanan tinggi vitamin D3 bisa ditemukan di dalam minyak ikan cod, susu, sereal dan kuning telur. Semua bahan makanan ini bisa dikonsumsi setiap hari dengan berbagai variasi sajian.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...