Sunday, February 3, 2013

Pastry dan Pie Berlabel Halal Ternyata Mengandung Daging Babi

Pastry dan Pie Berlabel Halal Ternyata Mengandung Daging Babi

Jakarta - Sebuah pemasok daging halal di negara bagian United Kingdom untuk sementara tak beroperasi. Alasannya, pasokan daging yang diakui halal justru diidentifikasi mengandung babi. Akibatnya, menu yang didistribusikan di sebuah rumah tahanan juga mengandung babi.

Seperti diberitakan Daily Mail (02/02/2013), makanan pie dan pasty tersebut dibuat oleh sebuah catering bersertifikasi halal. Namun rupanya, daging halal yang diterima catering ini diketahui mengandung DNA babi.

Sky News memberikan perkembangan terbarunya pada Minggu (03/02/2013) dan merilis nama cateringnya, yaitu 'McColgan Quality Foods Limited' yang berbasis di Strabane, County Tyrone, dan distributornya bernama '3663'. Daging tersebut kemudian diolah menjadi isian pie dan pasty, kemudian didistribusikan ke salah satu rumah tahanan.

Skandal ini terkuak berkat penelusuran akan adanya kandungan daging kuda yang ditemukan dalam daging olahan dan daging burger. Kemu dian pihak berwenang memanggil penjual dan pemasok daging untuk diperiksa produk-produk dagingnya, agar tak lagi terjadi kesalahan pelabelan pada daging. Dari situlah diketahui juga daging yang disebut halal rupanya memiliki kandungan babi.

"Masyarakat punya hak untuk tahu jika makanan yang dimakannya ditulis dengan benar. Merupakan tanggung jawab pelaku bisnis makanan untuk memastikan jika makanan yang dijualnya berisi apa yang tertulis pada labelnya," kata juru bicara Food Standards Agency (FSA) yang tak disebutkan namanya. Hal inipun langsung disampaikan pada para tahanan yang sudah terlanjur mengonsumsi 2 makanan tersebut.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...