Tuesday, February 5, 2013

Minyak Bekatul Sama Sehatnya dengan Minyak Zaitun

Minyak Bekatul Sama Sehatnya dengan Minyak Zaitun

Jakarta - Minyak zaitun dikenal juga sebagai minyak nabati yang kaya nutrisi. Namun tak kalah sehatnya dengan minyak bekatul atau rice bran oil. Sebuah studi baru menemukan manfaat minyak bekatul untuk meningkatkan sistem metabolik tubuh.

Minyak bekatul terbuat dari bekatul atau dedak beras atau rice bran yang biasanya dijadikan pangan ternak. Minyak nabati ini terbilang unik manfaat nutrisinya, karena diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol juga mempertahankan resistensi insulin.

Seperti dilansir TimesofIndia (4/2/2013), dalam sebuah sebuah seminar gizi yang berlangsung di India beberapa hari lalu disebutkan bahwa minyak bekatul dikenal juga dengan minyak zaitun versi India. Dr. Meena Mehta selaku Wakil Presiden dari Indian Dietetic Association yang turut hadirpun mengatakan bahwa Rice Bran Oil atau minyak bekatul dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat.

Minyak bekatul merupakan jenis minyak baru yang su dah mendapat popularitas di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, Cina dan India. Kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan bersifat sebagai penurun kolesterol.

Selain itu juga mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan. Sedangkan kandungan squalene yang merupakan senyawa organik di dalam minyak bekatul, dapat menjaga kulit tetap mulus. Karena itulah aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi, penderita gangguan jantung juga diabetes.

Meskipun menyehatkan, Dr. Mehta menyarankan untuk tidak menggunakan kembali minyak bekatul yang sudah dipanaskan. Karena suhu minyak yang tinggi dapat menyebabkan minyak ini menjadi beracun. Namun efek akibat racun ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...