Thursday, February 7, 2013

Ikan, Lambang Pembawa Keberuntungan di Tahun Baru Imlek

Ikan, Lambang Pembawa Keberuntungan di Tahun Baru Imlek

Jakarta - Dalam menu jamuan makan di tahun baru Imlek, ikan merupakan salah satu hidangan wajib yang harus disajikan. Ikan harus yang paling segar dan disajikan dengan utuh. Ikan pun memiliki makna tertentu untuk harapan di tahun baru.

Masing-masing hidangan khas Imlek memiliki simbol atau perlambang. Tak terkecuali hidangan ikan yang selalu tersaji utuh. Umumnya jenis ikan yang digunakan adalah ikan mas, ikan bandeng dan ikan salmon.

Saat perayaan Imlek, ikan haruslah tersaji utuh. Karena ikan adalah simbol dari air, dengan lambang sumber rejeki, kemakmuran, kebahagiaan, kelimpahan dan kebersamaan. Sebutan ikan atau 'yu' berarti kelimpahan atau rejeki.

Sajian ikan yang merupakan hidangan utama ini juga tak boleh dihabiskan langsung. Konon warga Tionghoa mempercayai, sisa daging ikan yang bisa dimakan esok hari dapat mendatangkan rejeki yang berlimpah dan tak putus-putus di tahun yang akan datang.

Saat menikmati hidangan ikan juga terdapat pantangan yang tidak boleh dilakukan, yaitu dilarang untuk membalikkan ikan untuk memakan daging bagian lainnya. Karena ikan yang terbalik adalah simbol dari rejeki yang tumpah.

Dalam penyajiannya juga memiliki arti khusus. Biasanya kepala ikan akan diletakkan sejajar berhadapan dengan wajah sebagai simbol hormat kepada tamu yang datang. Tradisi ini sudah lama dijalankan, bahkan hingga kinipun masih sering dilakukan saat menyajikan hidangan ikan.

(odi/dyh)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...