Sunday, February 3, 2013

Hindari Pencemaran, Pub di Inggris Hanya Sajikan Daging Sapi Matang

Hindari Pencemaran, Pub di Inggris Hanya Sajikan Daging Sapi Matang

Jakarta - Beberapa pub di Inggris sudah membuat peraturan standar kematangan daging yang disajikan hanya boleh medium sampai well done. Walau belum diatur peraturan keamanan makanan Inggris, mereka tetap memasak hidangan daging hingga matang.

Sebuah investigasi telah dilaksanakan oleh The Mail pada hari Minggu, (03/02/2013). Hasilnya menunjukkan bahwa beberapa jaringan pub di Inggris telah memerintahkan chef mereka untuk menyajikan daging sapi dengan tingkat kematangan medium sampai well done. Hal ini dilakukan walaupun tidak tertera di pedoman standar kesehatan Inggris.

Whitbread Hotels and Restaurants, pemilik jaringan Brewers Fayre mengatakan dalam jaringan restorannya daging harus mempunyai temperatur internal 80 derajat Celsius. Meskipun aturan keamanan makanan menyarankan daging well done dimasak pada suhu 75 derajat Celsius.

The Spirit Pub Company, yang mempunyai lebih dari 80 0 pub juga memerintahkan chef nya untuk memasak daging dengan tingkat kematangan medium sampai well done.

Sementara Food Standart Agency menyarankan bahwa daging burger dan produk daging giling lainnya harus dimasak hingga matang. Hal ini untuk mematikan semua ancaman bakteri seperti E. coli. Sedangkan daging steak hanya perlu dimasak di permukaan luarnya untuk membunuh bakteri-bakteri.

Chef Antony Worrall-Thompson, selaku pemilik the Greyhound, Oxfordshire mengingatkan bahwa akibat aturan ini para juru masak untuk melanggar aturan mereka sendiri. Karena aturan mereka justru menganjurkan hidangan daging sapi tertentu tidak dimasak hingga matang atau well done.

“Padahal jika daging dimasak terlalu lama, daging akan kering, abu-abu dan terlalu kasar. Pastinya menjadi kurang enak rasanya,” kata Chef Anthony kepada Dailymail (03/02/2013).

Chef kenamaan Raymond Blanc juga mengingatkan pub-pub tersebut akan berisiko k ehilangan pelanggan mereka jika terlalu berhati-hati. Chef Raymond selaku pemilik restoran Le Manoir aux Quat’Saisons mengatakan banyak orang tidak paham jika daging tidak harus dimasak telalu matang. Karena bakteri hanya berada di permukaan daging dan sudah dimatikan selama proses pemasakan. Jadi daging yang di tengah aman untuk dimakan.

(odi/flo)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...