Thursday, February 7, 2013

Banh Beo yang Lembut Gurih dari Vietnam

Banh Beo yang Lembut Gurih dari Vietnam

Jakarta - Makanan berbahan tepung beras memang banyak ditemui, terutama di wilayah Asia. Di Vietnam, ada beragam makanan dari tepung beras, salah satunya banh beo. Rasanya lembut kenyal dengan rasa gurih daging udang. Membuatnyapun tak sulit. Bikin yuk!

Banh beo terdiri dari lapisan kenyal lembut berwarna putih dan topping udang cincang. Lapisan kenyal atau kulitnya ini dibuat dari bahan tepung beras. Tepung beras ini dilarutkan dengan air panas, lalu ditambahkan garam dan sedikit minyak hingga tercampur rata. Di daerah asalnya, tersedia juga tepung banh beo siap pakai yang banyak dijual di pasaran.

Untuk toppingnya, bisa digunakan udang kering atau ebi yang dicincang halus. Kemudian ditumis sebentar hingga warnanya berubah kecokelatan. Namun ada juga yang menggunakan udang kukus, yang kemudian dicincang halus sebagai taburan. Sebagai tambahan, bisa diberi tumisan daun bawang cincang.

Nah, untuk mengukus kulit banh beo, siapkan cetakan khusus yang bulat pipih berukuran kecil. Namun jika tak ada, juga bisa menggunakan wadah-wadah mungil yang tahan panas. Adonan tepung beras dituang ke dalamnya hingga mendapatkan ketebalan sekitar 0,5 cm. Kukus sekitar 4 menit hingga mengeras.

Untuk menyajikannya, adonan tepung beras dilepaskan pelan-pelan menggunakan sendok. Kemudian ditata di atas piring, diberi topping udang dan daun bawang. Ada juga yang menyajikannya langsung di atas wadah pengukus kulit banh beo. Meski sederhana, kudapan ini jadi salah satu hidangan favorit warga Vietnam.

(odi/fit)

food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...