Tuesday, December 25, 2012

Slruup.. Sehat Unik Soyabean Shabu-Shabu

Slruup.. Sehat Unik Soyabean Shabu-Shabu

Rabu, 26/12/2012 10:23 WIB

Slruup.. Sehat Unik Soyabean Shabu-Shabu

Odilia Winneke - detikFood

Slruup.. Sehat Unik Soyabean Shabu-Shabu
Foto: detikfood
Jakarta - Hidangan Jepang yang satu ini terbilang unik. Tidak direbus dengan kuah kaldu ikan ataupun daging, tetapi shabu-shabu ini hadir dengan kedelai. Isiannya komplet dan di santap dengan saus kacang almond atau saus ponzu yang asam asin. Hmm.. sehat dan yummy!!

Hidangan Jepang tidak hanya sebatas sushi saja, masih ada sashimi, ramen, udon, shabu-shabu, tepanyaki, dan lain-lain. Menjamurnya resto Jepang di Jakarta kadang memang bikin bingung. Sebagian besar citarasa nya sudah diadaptasi dengan lidah orang Indonesia. Namun, salah satu resto Jepang yang terletak di Intercontinental MidPlaza ini menghadirkan citarasa hidangan Jepang yang otentik.

Honzen Japanese Resto, adalah sebuah resto Jepang yang mulai beroperasi sejak 2004 silam, mencoba mengedepankan citarasa negeri sakura yang otentik. Memasuki resto berkapasitas sekitar 60 orang ini, suasananya sangat berbeda. Jalan yang menanjak dan sebuah kolam kecil di sisi kiri jadi pemandangan yang unik.

Ru angannya terbagi menjadi 'table', 'tatami' dan juga 'private'. O ya, selain ruangan bersantap di Honzen juga terdapat sushi dan sashimi bar yang berada di bagian depan dan juga ruangan kushiage yang berada di bagian tengah. Jadi pengunjung dengan bebas dapat memilih ruangan bersantap yang mana.

Melihat beberapa pengunjung memesan shabu-shabu, saya pun lantas memesan menu yang sama. Satu set shabu-shabu, hadir lengkap. Sepiring irisan tipis daging sapi dan sayur mayur di piring lainnya. Seorang pelayan dengan sigap memanaskan susu kedelai dan memasukkan semua isinya.

Isiannya berupa jamur shitake, tofu, daun bawang, rebung (takenoko), sawi putih, sungiku, jamur enoki dan juga harusame(noodle glass). Sayuran dimasak tidak terlalu layu, sehingga teksturnya masih kres..kres renyah. Rasa gurih susu kedelai nya meresap ke dalam sayuran dan juga dagingnya.

Untuk menyantapnya, saya diberikan dua pilihan saus. Ponzu, saus berwarna kecokelatan mirip dengan soyu namun dengan rasa yang asin dan asam. Sedangkan saus satunya gomatare, gerusan kacang almond yang rasanya gurih. Pelengkap lainnya adalah bawang putih yang dihaluskan, cabai rawit iris,dan irisan daun bawang.

Ternyata perpaduan sayur dengan saus kacangnya menimbulkan sensasi gurih yang unik. Apalagi ditambah irisan cabai rawit yang pedas menggigit. Bikin mata yang ngantuk jadi melek! Saus ponzu yang gurih asam memberi aksen rasa istimewa saat dicelupkan pada daging rebus. Nyam..nyam..sedap!

Berbeda dengan teman saya yang lebih memilih dragon roll. Sushi roll dengan ukuran yang cukup besar ini penyajiannya cantik dan menarik. Bentuknya mirip dengan naga, dengan balutan abon sapi di seluruh permukaan sushi. Di bagian dalamnya berisis unagi alias belut panggang. Ada rasa gurih beradu dengan abon yang manis renyah. Hmm.. enak di lidah.

O ya, yang suka dengan makanan yang digoreng, bermacam-macam kushiage bisa dipilih. Sate dalam set kusiage, berisi jamur shitake, ud ang, asparagus, scallop, sishito alias cabai Jepang yang diisi dengan cacahan daging udang.

Sebagai teman menyantapnya, disediakan pula potongan paprika, lobak, daun bawang dan juga kol segar. Rasa segar renyahnya membuat cita rasa gurih minyak tidak terasa kuat. Sayuran mentah ini dicocol dengan saus yang terbuat dari kacang almond yang digerus bersama dengan wijen hitam dan gerusan kasar lada hitam. Hmm.. krenyes..krenyes gurih!

Untuk soyabean shabu-shabu bisa ini bisa dipesan khusus vegetarian. Isinya hanya sayuran saja. Tapi kalau memang tidak suka dengan susu kedelai, kuahnya pun masih tetap bisa dipilih kaldu biasa. Hmm.. santap siang saya benar-benar istimewa. Potongan buah dan juga sorbet semangka menutup acara makan siang saya dengan manis.

Honzen
Intercontinental Hotel, LG Floor
Jl.Jend. Sudirman Kav. 10-11, Jakarta
Telp: 021-5707796
Jam buka: 11.30-14. 00 (lunch)
17.30-22.00 (dinner)

(odi/odi)


Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
food.detik

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...